Dark/Light Mode

Erupsi Gunung Semeru, Puan: Keselamatan Warga Harus Jadi Prioritas

Minggu, 5 Desember 2021 10:45 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Foto : Rakyat Merdeka)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Foto : Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan keperihatinan mendalam terjadinya erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur. Dia meminta pemerintah mengutamakan keselamatan warga yang terdampak dari erupsi.

"Keprihatinan mendalam kami haturkan kepada warga Jawa Timur, khususnya Kabupaten Lumajang yang tengah diterpa bencana," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (5/12).

Baca juga : Tenang, Jaga Kesehatan Jangan Sampai Down

Puan mendorong pemerintah segera melakukan tanggap darurat. Dalam hal ini, pemerintah daerah harus mengoptimalkan koordinasi dengan BPBD, TNI/Polri dan berbagai lembaga/instansi lainnya. 

"Utamakan penyelamatan warga terdampak gunung meletus terutama di sekitar Gunung Semeru yang terjebak di rumahnya," ujar dia.

Baca juga : Erupsi Gunung Semeru, PLN Berhasil Pulihkan Listrik 7.508 Pelanggan Terdampak

Warga Desa Curah Kobokan, Lumajang yang berada di lereng Gunung Semeru dilaporkan tengah membutuhkan bantuan. Warga yang tak sempat keluar dari desa saat erupsi terjadi dan berlindung di mesjid serta membutuhkan evakuasi.

"Kerahkan tim SAR terdekat untuk mengevakuasi warga. Hal ini harus menjadi prioritas," kata dia.

Baca juga : Awan Panas Guguran Gunung Semeru Mengarah Ke Lumajang

Selain itu, lanjut dia, logistik hingga perlengkapan medis juga harus tersedia bagi warga yang menjadi korban letusan Semeru. Pemerintah daerah perlu menyiapkan pengungsian yang nyaman bagi warga khususnya untuk balita, anak-anak, lansia serta ibu hamil dan menyusui.

Erupsi Gunung Semeru kali ini disebut lebih besar dibandingkan 2020. Erupsi yang terjadi menyebabkan warga merasakan hujan kerikil dan lumpur. Selain itu, erupsi Semeru juga membuat dua kecamatan di Lumajang dalam kondisi gelap gulita. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.