Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Tenang, Jaga Kesehatan Jangan Sampai Down

Minggu, 5 Desember 2021 08:00 WIB
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia sudah dikepung varian Omicron. Negara-negara tetangga seperti, Singapura, Malaysia, dan Australia sudah melaporkan adanya kasus infeksi Covid-19 varian Omicron, varian yang dilaporkan pertama kali di Afrika Selatan. Bukan saja kasus impor, ada pula infeksi melalui transmisi lokal.

Perupadata mengunggah meme peta Indonesia dan Australia. Di dalamnya ada keterangan: negara-negara tetangga dibobol Omicron. Rincianya, Malaysia 1 kasus, Singapura 1 kasus dan Australia 10 kasus.

Menurut Perupadata, kasus di Malaysia bahkan ditemukan pada uji sampel ulang pelaku perjalanan yang datang 19 November, seminggu sebelum kasus pertama terdeteksi di Afrika Selatan. Di hari yang sama, Australia mengumumkan kasus pertama penularan di dalam komunitas.

Baca juga : RI Dan Jepang Perkuat Kerja Sama Kelautan Dan Perikanan

“Bagaimana Indonesia?” ujar Perupadata.

Netizen kembali mendesak Pemerintah Indonesia segera menutup penerbangan dari luar negeri. Termasuk juga melarang warga Indonesia (WNI) bepergian ke luar negeri. Dengan ikhtiar tersebut, diharapkan tidak ada varian Omicron masuk ke Tanah Air.

Akun @christellen98 memperingatkan semua pihak waspada dengan selalu disiplin protokol kesehatan (prokes). Sekarang ini, kata dia, negara tetangga sudah terdeteksi varian Omicron. Dia meminta Pemerintah segera menutup pintu masuk dan ke luar Indonesia dengan alasan apapun.

Baca juga : Sehat Untuk Apa? (2)

“Ayo, selamatkan negara kita dari varian baru ini,” ajak dia.

Senada @prayitnowibowo_26 meminta Pemerintah menutup semua pintu dari luar negeri. Selain itu, kata dia, warga Indonesia untuk sementara waktu juga perlu dilarang bepergian ke luar negeri.

“Demi kebaikan bersama, bila ingin warga negara Indonesia aman dari varian Omicron,” kata dia.

Baca juga : Telementoring ECHO Pertama: Lompatan Baru, Pelayanan Kanker di Indonesia

“Pemerintah perlu segera menutup penerbangan dari luar negeri agar tidak ada virus varian Omicron masuk ke Indonesia,” ujar @ymsrp. “Perketat dong penerbangan dari luar negeri,” saut @Lxre`nn. “Pokoknya gak ada kedatangan dari luar negeri Indonesia pasti aman,” tambah @my.aga.

Akun @prariyadi meminta Pemerintah mengimbau WNI yang berada di luar negeri agar tidak pulang terlebih dahulu ke Indonesia. “Bila ingin ketat sekalian, jangan cuma aturan saja yang dibuat, tapi realita di lapangan beda,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.