Dewan Pers

Dark/Light Mode

Mampu Kendalikan Virus Corona

Indonesia Harus Terdepan Keluar Dari Pandemi Covid

Selasa, 7 Desember 2021 07:10 WIB
Presiden Jokowi saat membuka Kongres IV Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) 2021 secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Senin (06/12/2021). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi saat membuka Kongres IV Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) 2021 secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Senin (06/12/2021). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19. Pemerintah pun menargetkan kita sebagai negara pertama yang keluar dari pandemi Covid-19.

Presiden Jokowi mengakui, keberhasilan penanganan Covid-19 merupakan kerja sama semua pihak. Dia memuji kerja keras seluruh lapisan masyarakat dalam menekan penularan Corona.

“Kita telah berhasil menjadi satu dari lima negara di dunia yang berhasil mengendalikan pandemi Covid pada level 1. Ini menunjukkan kemampuan kita dalam menghadapi tantangan,” ujar Jokowi saat pembukaan Kongres IV Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) secara virtual, kemarin.

Berita Terkait : Perkuat Digitalisasi Dan Inovasi, Syngenta Indonesia Dukung Ketahanan Pangan

Jokowi menyampaikan, Indonesia juga berhasil memanfaatkan peluang saat pandemi. Dia juga terus berupaya menemukan cara-cara baru untuk keluar dari krisis kesehatan dan ekonomi.

Mantan Wali Kota Solo itu mengklaim, Indonesia mampu mengatasi permasalahan pandemi dengan cara sendiri. Indonesia juga tetap melangkah maju saat negara lain terhenti karena krisis pandemi.

“Tatkala dunia berhenti sejenak, kita harus tetap maju bergerak. Tatkala dunia lockdown di mana-mana, kita dengan teliti mengendalikan pandemi dan ekonomi harus digerakkan secara hati-hati,” ucap Jokowi.

Berita Terkait : Pasar Indonesia Meriahkan Pretoria Seharian Penuh

Sementara, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan Indonesia bisa menjadi negara pertama di dunia yang keluar dari pandemi Covid-19. Kini fokus utama Indonesia adalah menurunkan laju penularan Covid-19 secara signifikan.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut, langkah pemerintah menuju target itu di antaranya fokus pada upaya surveilans testing, tracing, treatment (3T) yang dibarengi penerapan protokol kesehatan Covid-19, serta program vaksinasi nasional.

“Di masa Indonesia menjadi Presidensi G20, kita tunjukkan bagaimana kita bisa mempertahankan kondisi yang baik ini dengan semakin menekan laju penularan. Kalau bisa, Indonesia bisa menjadi negara pertama yang keluar dari situasi pandemi Covid-19,” ujar Nadia, kemarin.
 Selanjutnya