Dark/Light Mode

Kapolri Ingin Lemdiklat Jadi Dapur Pencetak Polisi Unggul Yang Dicintai Masyarakat

Kamis, 9 Desember 2021 10:31 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)

 Sebelumnya 
Sigit berharap, Lemdiklat Polri menanamkan ketiga kompetensi itu sejak awal mula pendidikan dan pelatihan dengan cara yang tepat dan proporsional. Dari segi pembentukan, kompetensi teknis dan kompetensi etika harus disajikan. Kemudian dari segi pengembangan, kompetensi leadership dan etika yang harus ditanamkan.

"Pendidikan pengembangan Dikbangspes, kompetensi teknis yang kita harapkan betul-betul bisa dipersiapkan untuk menghadapi tantangan tugas terkini," tutur Sigit.

Baca juga : Kondisi Haji Lulung Berangsur Pulih, Putranya Minta Doa Dari Masyarakat

Dari proses pembentukan, personel kepolisian harus dapat melakukan diskresi kepolisian dan penggunaan kekuatan secara bertanggung jawab. Soalnya, hal itu harus sesuai dengan asas legalitas, proporsionalitas, nesesitas (keperluan) dan akuntabilitas.

Dalam kesempatan ini, Sigit juga mengingatkan soal harapan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewujudkan SDM yang unggul dan Presisi dalam menjalankan tugas serta wewenangnya. Karena itu, pengembangan SDM di Korps Bhayangkara menjadi salah satu peran yang sentral. 

Baca juga : Ayo Semua, Berantas Politik Uang Di Pemilu Dan Pilkada!

"Untuk itu pengembangan SDM Polri harus diperhatikan secara serius. Mulai dari rekrutmen pendidikan dan promosi harus dilakukan transparan dan akuntabel. Kemudian harus dibentuk dan diciptakan karakter sesuai dengan tugas Polri dan tentunya harus menguasai ilmu pengetahuan yang baru," tutup Sigit. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.