Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dinilai Peduli Persoalan Desa, Ganjar Diminta Jadi Pembina PPDI

Rabu, 15 Desember 2021 23:07 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di kantor Gubernur Jateng, Rabu (15/12).
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di kantor Gubernur Jateng, Rabu (15/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Puluhan pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) mendatangi kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu (15/12). Mereka ingin menemui Gubernur Ganjar Pranowo.

Meski jumlah pengurus PPDI yang datang hanya puluhan, dengan dalih agar tak terjadi kerumunan, Ganjar hanya menerima perwakilan mereka untuk audensi langsung.

Perwakilan pengurus PPDI yang datang diterima Ganjar di ruang rapat Gedung A Lantai 2 Kantor Gubernur Jawa Tengah. Sisanya, menunggu di lobi kantor.

Puluhan pengurus PPDI itu datang bukan untuk aksi unjuk rasa. Mereka meminta bantuan Ganjar untuk mendorong pembentukan Nomor Induk Aparatur Pemerintahan Desa.

Baca juga : Gus Halim: Dana Desa Bakal Percepat Merauke Jadi Lumbung Pangan

Mereka menganggap nomor induk itu penting untuk melindungi para aparatur pemerintahan desa dari kesewenang-wenangan.

Menurut Sekjen PPDI Sarjoko, selama ini perangkat desa marak menghadapi masalah pemberhentian sepihak. Jika ada kepala desa baru, perangkat desa bisa langsung diberhentikan.

"Maka menurut kami nomor induk itu penting untuk melindungi kami, agar kami tidak (diperlakukan) semena-mena menjadi korban kebijakan pemerintahan desa. Kalau ada pemberhentian, kami harap ada proses perundang-undangan yang berlaku," bebernya. Selain itu, mereka ingin Ganjar bersedia menjadi pembina PPDI. 

"Kami datang ke sini untuk mendiskusikan berbagai persoalan perangkat desa dengan Pak Ganjar. Selain itu, kami juga secara khusus meminta pak Ganjar menjadi Dewan Pembina di organisasi PPDI," pinta Sarjoko.

Baca juga : LinkAja Permudah Layanan Digital Bagi Komunitas PGRI

PPDI menilai, Ganjar merupakan pemimpin yang paling peduli pada persoalan desa. Hal itu dapat dilihat dari keberpihakan Ganjar pada kepala desa dan perangkat desa selama ini.

“Makanya kami menginginkan beliau duduk sebagai pembina atau dewan penasihat PPDI. Kebetulan kami akan Munas pada 8 Januari nanti, kami harap Beliau berkenan,” ucapnya.

"Nah pak Ganjar ini menurut kami sangat tepat, karena beliau sangat peduli pada nasib kepala desa dan perangkat desa," imbuh dia.

Menanggapi keinginan para pengurus PPDI tersebut, Ganjar mengatakan tidak keberatan. Dengan satu syarat, anggota PPDI memang mau dibina olehnya.

Baca juga : Tanggap Bencana Semeru, Ganjar Dinilai Cerminkan Wajah Indonesia

"Saya diminta jadi pembina PPDI itu tergantung panjenengan mau dibina apa tidak. Kalau tidak mau dibina, ya mending yang lain," canda Ganjar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.