Dark/Light Mode

Jokowi: BPIP Menjaga Toleransi Anak Bangsa

Selasa, 11 Januari 2022 15:39 WIB
Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri. (Foto: ist)
Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan pendidikan Pancasila sama pentingnya dengan mencetak generasi muda yang profesional dan kompetitif di pasar kerja. Pendidikan karakter dan budi pekerti selalu menjadi perhatian serius jajarannya. 

"Oleh karena itu, pendidikan karakter juga menjadi perhatian serius pemerintah," kata Jokowi dalam perayaan HUT ke-49 PDI Perjuangan secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Senin (10/1).

Pemerintah saat ini memiliki Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Instansi yang dibina oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah itu dipandang berhasil menguatkan nilai-nilai dasar negara di dalam jiwa pemuda.

Baca juga : Transfer Samuel Balinsa Terganjal

"Menjaga toleransi antaranak bangsa dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Serta meningkatkan sikap gotong royong masyarakat yang akan terus kita gelorakan," beber Jokowi. 

Nilai-nilai dalam Pancasila, sambung Presiden, juga membantu Indonesia sukses menghadapi tantangan Pandemi Covid-19 sejak 2020. "Karena keberhasilan kita menangani pandemi Covid-19 kunci utamanya kemarin adalah hanya satu. Kegotongroyongan kita semuanya," tutur Jokowi. 

Dia mengingatkan pentingnya karakter kebangsaan. Indonesia mampu kokoh mengarungi tren globalisasi yang tinggi dan arus informasi yang kuat lintas negara. 

Baca juga : Gandeng BIN, Kemenkumham Gelar Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

"Nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh Bung Karno dan para pendiri bangsa lainnya terus kita perkokoh. Nilai-nilai luhur Pancasila harus terus kita jaga, jadi pegangan bagi generasi penerus kita," 

Sebelumnya saat melantik Kepala BPIP Yudian Wahyudi pada 5 Februari 2020, Jokowi telah menyampaikan tugas BPIP dalam membumikan Pancasila. Terutama target anak-anak muda di bawah 39 tahun yang memerlukan sebuah injeksi tentang Pancasila dalam keseharian.

"Kita harapkan dengan diangkatnya Prof. Yudian itu bisa lebih dipercepat lagi,” ucap Jokowi, kala itu. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.