Dark/Light Mode

ITC Bermasalah

Transfer Samuel Balinsa Terganjal

Selasa, 11 Januari 2022 06:27 WIB
Pemain sepak bola Papua Samuel Gideon Balinsa gagal berlaga di Liga 2 Thailand, Lampang FC. (Foto: Antara)
Pemain sepak bola Papua Samuel Gideon Balinsa gagal berlaga di Liga 2 Thailand, Lampang FC. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gagalnya pesepak bola asal Papua, Samuel Balinsa berlaga di Liga 2 Thailand, Lampang FC, kini menjadi polemik. International Transfer Certificate (ITC) menjadi alasan utama Samuel Balinsa gagal merumput di Thailand.

Dalam kasus ini, ITC untuk transfer Samuel Balinsa sejatinya dikeluarkan oleh PSSI. Namun, ITC hanya bisa dikeluarkan setelah Lampang FC melakukan proses Transfer Matching System (TMS). Hingga 7 Januari 2022 atau batas akhir pendaftaran pemain di Liga 2 Thailand, PSSI tidak pernah menerima ITC Samuel Balinsa.

Baca juga : Bursa Transfer, Setan Merah Puasa Belanja

“Itu aturannya. ITC hanya bisa dikeluarkan setelah Lampang FC setelah melakukan proses Transfer Matching System (TMS), kemudian dikirimkan ke PSSI. Kami sampai detik ini tidak pernah menerima itu. Jadi bagaimana kami mau mengeluarkan ITC,’’ kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Menurutnya, kesalahan utama terletak pada klub Lampang FC yang gagal mengurus TMS yang seharusnya dilaporkan ke Federasi Sepakbola Thailand. Setelah beres, diteruskan ke PSSI untuk ditindaklanjuti.

Baca juga : Balangan Kalsel Banjir, 2 Desa Terendam

‘’Jadi jangan menyalahkan PSSI. Bukan PSSI menghambat atau menghalang-halangi pemain. Tetapi, semua itu ada aturan dan administrasinya,’’ imbuh Yunus.

Lampang FC pun telah meminta maaf terkait kasus ini. “Mohon maaf yang sebesar-besarnya kami menginformasikan bahwa terdapat kesalahan pada proses pendaftaran pemain Lampang FC,” bunyi pernyataan resmi Lampang FC.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.