Dark/Light Mode

Setnov Plesiran, KPK Pertanyakan Mutu Pengawasan Lapas Sukamiskin

Sabtu, 15 Juni 2019 17:19 WIB
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto: Antara)
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mempertanyakan pengawasan yang dilakukan pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, sehingga terpidana kasus korupsi proyek e-KTP Setya Novanto alias Setnov bisa plesiran keluar.

"Kok bisa jalan-jalan gitu ya? Wah tidak adil itu namanya. Kok bisa seperti itu, seperti apa ya pengawasannya," tanya Saut saat dikontak RMco.id, Sabtu (15/6).

Saut menyebut, ada standard operating procedure (SOP) terkait izin keluar tahanan, yang tidak dijalankan petugas Lapas. Sehingga, kesempatan itu digunakan Setnov.

Baca juga : Hati-hati, Banyak KPK Gadungan Mau Gasak Harta Masyarakat

Karena itu, Saut  meminta Kementerian Hukum dan HAM mengusut kasus ini hingga tuntas. Petugas Lapas yang terbukti bermain dalam plesiran Setnov ini harus diberi sanksi tegas. Dia juga mendukung Setnov ditempatkan di Gunung Sindur, sampai masa hukumannya berakhir.

"Ya sudah, kalau begitu yang bersangkutan di-Gunung Sindur-kan aja sampai selesai masa tahanan. Supaya nggak buat macam-macam penilaian pada criminal justice system NKRI kita," seloroh Saut.

Sekadar latar, Setnov mendapatkan izin untuk memeriksakan kesehatan di RS Sentosa, Bandung. Dia berobat sejak Rabu, 12 Juni 2019 dan menjalani rawat inap. Eks Ketua DPR dijadwalkan kembali ke Sukamiskin pada Jumat, 14 Juni 2019 pagi.

Baca juga : Sengketa Pilpres, TKN Jokowi-Maruf Terjunkan 33 Kuasa Hukum

Namun Setnov mengecoh petugas dengan turun langsung dari kamarnya di lantai delapan. Saat petugas menyusulnya, Setnov sudah tidak ada. Petugas melakukan pencarian dan akhirnya menemukan Setnov beserta istrinya di daerah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat pada Jumat, 14 Juni 2019 sekitar pukul 18.00 WIB.

Setnov yang mengenakan kemeja lengan pendek, topi hitam dan masker itu juga sempat kepergok beraktivitas di sebuah toko bangunan di Padalarang. Foto-fotonya beredar viral.

Malam harinya, petugas pun memindahkan Setnov ke Lapas Gunung Sindur, Bogor Jawa Barat. Menggunakan ambulans, Setnov meninggalkan Sukamiskin sekitar pukul 22.30 WIB. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.