Dark/Light Mode

ASN Kementan Dilarang Terima Bingkisan Lebaran

Senin, 3 Juni 2019 04:03 WIB
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto: Humas Kementan)
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto: Humas Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Lebaran tahun ini, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengintruksikan pada seluruh ASN di Kementerian Pertanian tidak menerima parcel atau bingkisan dari siapa pun. Bingkisan yang dimaksud dapat berupa barang, diskon, fasilitas khusus, atau bentuk lainnya menurut definisi gratifikasi KPK. 

"Kami tegas katakan, tidak boleh ada pejabat atau staf yang menerima parcel, bingkisan, atau hadiah dari siapa pun. Saya tidak ingin integritas mereka diciderai dengan hal demikian," tegas Amran di sela kesibukannya meninjau kesiapan stok pangan jelang Lebaran, di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (2/6).

Baca juga : Kemarin #SayaPancasila, Sekarang #KitaPancasila

Untuk itu, Mentan menghimbau semua asosiasi dan pengusaha pertanian tidak memberikan parcel ke Pimpinan dan staf Kementan dalam bentuk apa pun. 

"Selama 5 tahun kami memimpin kementerian, KPK sudah mengakui kinerja positif kami dalam pencegahan anti korupsi. Pada 2017 dan 2018 kami dberikan penghargaan antigratifikasi terbaik, dan ini akan kami jaga komitmennya. BPK juga 3 tahun ini memberikan predikat WTP bagi Kementan," lanjut Amran. 

Baca juga : Melek 24 Jam, TelkomGroup Pastikan Layanan Tetap Prima Selama Lebaran

Amran menilai, pencegahan gratifikasi dan korupsi yang baik akan membuat para ASN bekerja lebih jujur dan berintegritas. Untuk itu, Mentan meminta Inspektorat Jenderal dan pimpinan eselon 1 juga aktif memantau perilaku dan potensi terjadinya korupsi di lingkungan Kementan. 

Upaya-upaya konkret pemberantasan gratifikasi dan korupsi yang telah dilakukan dengan baik di Kementan melalui penguatan kegiatan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), SMS Center, Whistle Blowing System (WBS), dan pembentukan Unit Pengelolaan Gratifikasi (UPG) yang saat ini tentunya akan menjadi sarana pelengkap dalam menjaga jalannya roda pemerintahan di Kementerian Pertanian.    

Baca juga : PJB Jamin Pasokan Listrik Lebaran

Mentan menyatakan puas dengan kesiapan antisipatif jajarannya terhadap kondisi stok pangan dan harga yang tetap stabil selama bulan ramadhan dan mendekati lebaran.

"Ini semua berkat mereka mampu bekerja sepenuh hati tanpa memikirkan hal lainnya, selain memberikan yang terbaik bagi petani dan konsumen," tambahnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.