Dark/Light Mode

Jubir Covid: Stok Obat Dan Oksigen Di 34 Provinsi Aman Terkendali

Rabu, 9 Februari 2022 20:46 WIB
Juru Bicara Covid Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi (Foto: Istimewa)
Juru Bicara Covid Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus mendukung optimalnya sistem pelayanan kesehatan nasional, melalui pemenuhan kebutuhan obat-obatan dan oksigen. Serta menjamin keamanan dan kesehatan tenaga kesehatan, yang berisiko tinggi terpapar virus.

“Kebutuhan obat di 34 Provinsi sudah mencukupi. Favipiravir, Remdesivir, Tocilizimah 400mg/20ml, multivitamin, IVIg 5%/50ml total 4.958.599, sedangkan stoknya mencapai 23.663.526. Sementara ketersediaan oksigen di 20 Kabupaten/Kota besar di Jawa-Bali mencukupi rata-rata kebutuhan hingga lebih dari 48 jam,” jelas Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi dalam keterangannya, Rabu (9/2).

Baca juga : Kasus Covid Di Indonesia Paling Terkendali Di Asia

Nadia menyebut, dukungan masyarakat sangat dibutuhkan dalam situasi pandemi Covid. Antara lain, dengan menekan jumlah konfirmasi kasus harian.

Selain itu, masyarakat juga bisa berpartisipasi dengan cara melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah, apabila terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala.

Baca juga : Di Mata IMF, Kita Ini Jempolan

Apabila tidak memungkinkan isoman, isolasi terpusat bisa dilakukan di tempat-tempat yang sudah disediakan pemerintah.

"Masyarakat terus kami imbau untuk memperketat protokol kesehatan. Segera lengkapi vaksinasi, untuk memperkecil peluang dirawat dengan gejala berat hingga kritis, akibat terinfeksi Covid-19," tutur Nadia.

Baca juga : Gerak Omicron Kita Persempit

"Vaksinasi sudah terbukti efektif memperkecil risiko kesakitan dan kematian akibat Covid-19. Karena, berdasarkan data yang kami peroleh, sebagian besar pasien gejala berat dan meninggal belum memperoleh vaksinasi lengkap,” pungkas Nadia. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.