Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Songsong Satu Abad Nahdlatul Ulama

Menko Airlangga Sampaikan Peran Penting dan Strategis NU Bagi Bangsa Indonesia

Sabtu, 5 Maret 2022 22:23 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan dalam acara Puncak Hari Lahir Nahdlatul Ulama (Harlah NU) ke-99 Wilayah Barat Indonesia yang dipusatkan di Jakabaring Sport City, Kota Palembang, Jumat (4/3). (Foto: Ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan dalam acara Puncak Hari Lahir Nahdlatul Ulama (Harlah NU) ke-99 Wilayah Barat Indonesia yang dipusatkan di Jakabaring Sport City, Kota Palembang, Jumat (4/3). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, pemerintah selalu mendorong masyarakat untuk tetap disiplin menjaga protokol kesehatan (prokes) dan terus meningkatkan kepercayaan diri masyarakat dalam upaya pemulihan aktivitas ekonomi.

Termasuk, menjaga ketahanan pangan. Pemerintah juga memberikan perhatian yang besar terhadap perekonomian kerakyatan agar dapat terus dikembangkan. 

Dalam acara Puncak Hari Lahir Nahdlatul Ulama (Harlah NU) ke-99 Wilayah Barat Indonesia yang dipusatkan di Jakabaring Sport City, Kota Palembang pada Jumat (4/3), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi dipilihnya Kota Palembang sebagai pusat Harlah NU ke-99 Wilayah Barat Indonesia.

Baca juga : Peringati Hari Jadi Nahdlatul Wathan, Wapres Ingatkan Pentingnya SDM Unggul

Dia juga menyempatkan mengajak para hadirin mendoakan salah seorang ulama kharismatik yang berasal dari Palembang, yakni Syekh Abdus Samad AlPalimbani.

"Di Palembang ini terdapat seorang ulama, sufi besar bermazhab ahlus sunnah wal jama’ah yakni Syekh Abdus Samad Al-Palimbani. Jejak perjuangan Syekh Abdus Samad AlPalimbani telah menginspirasi para ulama nusantara bagi perkembangan Islam di Indonesia. Untuk itu, marilah kita mendoakan almarhum, Al-Fatihah," tutur Menko Airlangga dalam sambutannya.

Menko Airlangga yang hadir secara langsung mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara tersebut juga menyampaikan, NU telah memainkan peran yang sangat penting dan strategis dalam setiap fase perjalanan bangsa Indonesia hingga saat ini.

Baca juga : Happy Family Ramaikan Pasar Rak dan Storage Minimalis di Indonesia

NU, juga disebutnya telah memiliki kesadaran sedari awal pendiriannya mengenai pentingnya ekonomi bagi kesejahteraan rakyat.

"Penanganan Covid-19 menjadi kunci pemulihan perekonomian. Kami bersyukur dan berterima kasih atas doa para kyai, kedisiplinan masyarakat, dan juga kepeloporan para kyai pada saat vaksinasi," beber Ketua Umum Partai Golkar ini.

"Kami melihat bahwa peran NU penting sekali dalam penanganan Covid19, membantu memberikan kepercayaan masyarakat untuk dilakukan vaksinasi dan bahkan NU berani menyatakan di awal bahwa vaksin adalah halal dan aman," imbuhnya.

Baca juga : ILUNI UI: Perjanjian FIR Dengan Singapura Strategis Untuk Indonesia

Dalam acara yang juga menyongsong usia satu abad NU dan mengambil tajuk "Merawat Jagat, Membangun Peradaban: Lestarinya Alam, Sejahteranya Petani", Ketua Umum Pengurus Besar NU (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf menyampaikan, NU didirikan para waliyullah.

Lahirnya NU merupakan barokah puncak dari jaringan para aulia yang telah berkembang dalam beberapa generasi di seantero Nusantara.

"Di antara mereka adalah para Wali Songo, termasuk para wali atau yang kita punya khusnudzon kuat, termasuk dari aulia kita mengenal Ki Ageng Gribig atau Raden Wasibagno Timur yang makamnya saat ini ada di Jatinom, Klaten. Dan saat ini ada salah seorang keturunan Ki Ageng Gribig yang hadir, yakni Pak Airlangga Hartarto," ungkap KH Yahya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.