Dark/Light Mode

Jokowi Melayat Jenazah Arifin Panigoro Di Rumah Duka

Selasa, 8 Maret 2022 12:08 WIB
Jokowi Melayat Jenazah Arifin Panigoro Di Rumah Duka

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini, Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Arifin Panigoro, anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2019-2024 yang meninggal dunia saat menjalani perawatan di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat, Minggu (27/3).

Di rumah duka di Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Jokowi bertemu dan menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada istri dan anak-anak almarhum.

 

 

Baca juga : Pakai 4 Heli, 8 Jenazah Korban KKB Beoga Dievakuasi Ke Timika

"Semoga segala amal ibadah almarhum Arifin Panigoro diterima oleh Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah," ujar Jokowi melalui akun Instagram resminya, Selasa (8/3).

Presiden kemudian melaksanakan shalat jenazah berjemaah yang diimami oleh adik almarhum, Hilmi Panigoro.

"Turut serta dalam shalat tersebut, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi," dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Selasa (8/3).

Jokowi juga sempat menemui istri Arifin, Raisis Kartiwa. Serta kedua anak almarhum, Maera Hanafiah Arifin Panigoro dan Yasser Mairi Arifin Panigoro

Baca juga : Fitur Terbaru Galaxy Watch4 Seolah Lari Ditemani Coach Pribadi

Selanjutnya, jenazah Arifin Panigoro akan dimakamkan di Pemakaman Keluarga Cilandak, Jakarta Selatan.

Arifin Panigoro yang lahir pada 14 Maret 1945 adalah seorang politisi dan pengusaha Indonesia berdarah Gorontalo, yang dijuluki Raja Minyak Indonesia.

Arifin Panigoro yang menamatkan pendidikan di Teknik Elektro ITB, juga dikenal sebagai pendiri dan pemilik MedcoEnergi, perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi swasta terbesar di Indonesia. 

Pada Pemilu 1999, Arifin Panigoro pernah terpilih menjadi anggota DPR dari PDIP. Kemudian pada tahun 2002-2003, ia sempat menjadi Ketua Fraksi PDIP di DPR.

Baca juga : Arifin Panigoro: Mengingat Pengusaha Hebat

Namun, pada tahun 2005, Arifin Panigoro memutuskan untuk mengundurkan diri dari DPR dan putus hubungan dengan partai.

Dia kemudian membentuk Partai Demokrasi Pembaruan (PDP).

Desember 2019, ia dilantik menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Jokowi, hingga akhir hayatnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.