Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Sambut Pemudik Pakai Kendaraan Listrik, PLN Operasikan 126 SPKLU Di 48 Kota

Jumat, 29 April 2022 21:59 WIB
Para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik tak perlu risau, sebab PLN memastikan pasokan listrik dan juga stasiun pengisian baterai siap melayani. (Dok. PLN)
Para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik tak perlu risau, sebab PLN memastikan pasokan listrik dan juga stasiun pengisian baterai siap melayani. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki arus mudik Idul Fitri 1443 H tahun ini, PT PLN (Persero) siap melayani para pemudik, terutama yang memakai kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Kini para pemilik EV tak perlu ragu lagi memacu kendaraan listriknya untuk pulang ke kampung halaman, karena PLN menyiagakan seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang ada di rest area sepanjang Tol Trans Jawa.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Diah Ayu Permatasari menjelaskan tak hanya menyiapkan pasokan listrik yang andal bagi masyarakat di rumah, PLN juga memastikan seluruh infrastruktur kelistrikan untuk kendaraan listrik berjalan optimal dalam memfasilitasi masyarakat yang akan mudik pada tahun ini.

Baca juga : Sambut Idul Fitri, PLN Berangkatkan 842 Orang Mudik Ke Kampung Halaman

Diah menjelaskan, saat ini para pemilik EV tak perlu ragu lagi membawa kendaraan listriknya ke kampung halaman karena PLN menyiagakan seluruh SPKLU di sepanjang Rest Area Tol Jawa.

"Saat ini, PLN sudah mengoperasikan SPKLU di 8 rest area sepanjang Tol Trans Jawa. Dari mulai Cikampek hingga Kertosono, Madiun," ujar Diah.

Diah juga merinci, delapan titik tersebut berada di Rest Area KM 519 A (Solo Ngawi), Rest Area KM 519 B (Ngawi Solo), Rest Area KM 389 B (Batang - Semarang), Rest Area KM 379 A (Semarang - Batang), Rest Area KM 626 B (Kertosono, Madiun), Rest Area KM 207 A (Palikanci, Cirebon), Rest Area 208 B (Palikanci) dan Rest Area KM 6 (Jakarta -Cikampek).

Baca juga : Sambut Mudik 2022, Angkasa Pura I Siapkan Rencana Operasional Dan Layanan

Tak hanya di rest area, kata Diah, para pemudik juga bisa memakai fasilitas SPKLU yang tersedia di PLN.

PLN saat ini sudah mengoperasikan lebih dari 126 SPKLU yang tersebar di 97 lokasi di 48 kota seluruh Indonesia.

"Jika para pemudik juga hendak jalan jalan di kota singgah sekitar Tol Trans Jawa, pemudik EV bisa memanfaatkan SPKLU yang tersedia di kantor unit PLN," ujar Diah.

Baca juga : Komite Pedagang Pasar Distribusikan Migor Curah Di Pasar Kramat Jati

Diah menjelaskan pada tahun ini, pemerintah menargetkan ada 580 SPKLU yang beroperasi. Saat ini PLN aktif menggenjot pembangunan SPKLU ini.

Harapannya, pada momen lebaran berikutnya makin meningkatkan gairah para pemilik EV untuk mudik ke kampung halaman dengan meningkatnya fasilitas EV di ruang publik.

Bagi masyarakat yang mudik menggunakan mobil listrik dapat menggunakan fitur electric vehicle di PLN Mobile, untuk mengetahui lokasi 126 SPKLU yang tersebar di 48 kota di Indonesia. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.