Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sipencatar Jalur Polbit STIP Jakarta Ditutup Besok

Rabu, 4 Mei 2022 20:18 WIB
Pendaftaran Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) tahun 2022 untuk jalur pola pembibitan (Polbit) 2022 di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. (Foto: Istimewa)
Pendaftaran Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) tahun 2022 untuk jalur pola pembibitan (Polbit) 2022 di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah sempat diperpanjang, Pendaftaran Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) tahun 2022 untuk jalur pola pembibitan (Polbit) 2022 di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta akan ditutup besok Kamis (5/5) pukul 23.59 WIB.

Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan Capt A Arif Priadi menjelaskan, berdasarkan jadwal yang telah dirilis sebelumnya pendaftaran Sipencatar jalur pola pembibitan 2022 semula akan ditutup pada 30 April 2022 pukul 23.59 WIB diperpanjang sampai dengan 5 Mei 2022 pukul 23.59 WIB.

Perpanjangan ini tertuang dalam Pengumuman Nomor PG 03/BPSDMP-2022 Tentang Perpanjangan Masa Pendaftaran Sipencatar Jalur Pola Pembibitan pada Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun Akademik 2022/2023.

Baca juga : Polres Jaktim Tutup Jalan Basuki Rahmat

"Ini merupakan kabar baik bagi seluruh putra/i lulusan SMA sederajat yang ingin bergabung menjadi Taruna/i di lingkungan Kemenhub, khususnya STIP Jakarta dan memberikan tambahan waktu bagi pendaftar untuk melengkapi seluruh dokumen yang dipersyaratkan dan meresume sebelum 5 Mei 2022. Dan seluruh proses pendaftaran yang dilakukan setelah tanggal 5 Mei 2022 pukul 23.59 WIB dianggap tidak sah," kata Capt Arif dalam keterangannya, Rabu (4/5).

Perpanjangan ini menindaklanjuti Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi nomor:B/897/M.SM.01.00/2022 tanggal 28 April 2022 perihal Tangapan Terhadap Usulan Perpanjangan Masa Pendaftaran Penerimaan Calon Taruna/i Kementerian Perhubungan di SSCASN BKN.

Capt Arif juga mengingatkan kembali dalam melakukan proses pendaftaran agar memperhatikan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan, jadwal, dan alur pendaftaran, peserta juga harus menghindari hal-hal antara lain: meng-upload dokumen tidak lengkap, scan ijazah/raport tidak jelas, dokumen tidak sesuai persyaratan, KTP/KK tidak sesuai, dan melakukan proses pembayaran pendaftaran yang tidak sesuai.

Baca juga : Tok, Menag Putuskan 1 Ramadan Jatuh Pada Minggu Besok

"Perguruan tinggi di lingkungan BPSDMP, seperti STIP Jakarta merupakan perguruan tinggi yang memiliki ikatan dinas dengan Kementerian Perhubungan. Jadi setelah lulus, akan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.Dan tata cara mendaftar: melalui website https://dikdin.bkn.go.id dan melihat tata cara pendaftaran melalui website https://sipencatar.dephub.go.id," katanya.

Capt Arif mengatakan, terkait Penerimaan Sipencatar di STIP Jakarta dengan jalur Polbit, membuka tiga program studi. Yakni, D - IV Nautika dengan persyaratan SMA/MA (IPA) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Nautika (yang telah di approved oleh Direkorat Jenderal Perhubungan Laut).

Lalu ada D-IV Teknika dengan persyaratan SMA/MA (IPA) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Teknika Kapal Niaga (yang telah diapproved oleh Direkorat Jenderal Perhubungan Laut), SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Permesinan Kapal, Teknik Instrumentasi Industri dan Teknik Industri.

Baca juga : Toyota Pamer Jajaran Mobil Terbarunya Di Jakarta Auto Week

"Dan program studi ketiga adalah D-IV adalah Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK), dengan persyaratan SMA/MA (IPA dan IPS) sederajat,  SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan KPN, SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Managemen Perkatoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi dan Logistik," pungkasnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.