Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang Hari Kemerdekaan Israel

MUI Ajak Umat Islam Gelar Qunut Nazilah Bantu Perjuangan Palestina

Senin, 9 Mei 2022 09:49 WIB
Ketua MUI, Sudarnoto Abdul Hakim. (Foto: ist)
Ketua MUI, Sudarnoto Abdul Hakim. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat Islam memanjatkan doa qunut nazilah untuk membantu perjuangan rakyat Palestina jelang peringatan kemerdekaan Israel pada 14 Mei mendatang.

"Seluruh pengurus masjid dan musala, pimpinan ormas Islam, majelis Taklim, lembaga-lembaga pendidikan Islam diharapkan ikut menyampaikan seruan ini mendorong agar membaca doa qunut nazilah," ujar Ketua MUI, Sudarnoto Abdul Hakim, Senin (9/5).

Baca juga : Kembalikan Kebugaran Fisik, Tim Indonesia Gelar Latihan Ringan

Menurut dia, kemerdekaan Israel 14 Mei sangat melukai warga Palestina. Pasalnya, tepat pada tanggal itu di tahun 1948 terjadi pengusiran besar-besaran terhadap warga Arab Palestina. Momen pengusiran itu kemudian dijuluki sebagai hari bencana atau Yaum an-Nakbah dan selalu diperingati oleh warga Palestina, dengan memperkuat perlawanan terhadap Israel.

Dengan memanjatkan doa qunut nazilah, dia berharal, dapat membuat umat Islam bersatu membantu Palestina menghadapi penjajahan Israel. "Pemerintah dan bangsa Indonesia masih punya utang untuk kemerdekaan bangsa Palestina yang sejak Konferensi Asia-Afrika dideklarasikan tahun 1955. Karena itu spirit peringatan Yaum an-Nakbah perlu terus diberikan amunisi untuk kemerdekaan Palestina," tegas dia. 

Baca juga : Dubes Jepang Doakan Umat Islam Diberkahi Kebahagiaan Di Idul Fitri Ini

MUI terus mendukung Kementerian Luar Negeri yang selama ini menunjukkan keseriusan dan kegigihannya membela Palestina. Ia mengapresiasi sikap pemerintah yang sampai saat ini tidak menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Sekadar catatan pembaca, qunut nazilah merupakan doa qunut yang dilakukan ketika kaum muslimin ditimpa keadaan yang tidak menyenangkan, berupa ketakutan atau paceklik, pandemi atau wabah, atau semacamnya. Qunut nazilah dilakukan pada rakaat terakhir salat lima waktu ketika i'tidal dengan bersuara, baik dilakukan sendiri maupun berjamaah, di rumah maupun di masjid. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.