Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Puncak Hari Kekayaan Intelektual

Megawati Raih Penghargaan Tokoh Pendorong Perkembangan Kekayaan Intelektual

Rabu, 27 April 2022 09:49 WIB
Puncak Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Tahun 2022, di Istana Wakil Presiden, Selasa (26/4). (Foto: Instagram/yasonna.laoly)
Puncak Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Tahun 2022, di Istana Wakil Presiden, Selasa (26/4). (Foto: Instagram/yasonna.laoly)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly meminta anak muda Indonesia lebih semangat dalam berkarya. Hal ini sesuai dengan tema besar Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia tahun 2022 yaitu ‘Intellectual Property and Youth’ dengan berfokus pada The Power of Anak Muda.

“Mari semangat untuk terus berkarya, berinovasi memajukan kekayaan intelektual di seluruh penjuru Indonesia demi kejayaan bangsa dan negara. Jadilah kreatif, inovatif dan inspiratif untuk Indonesia,” ucap Yasonna, dalam acara Puncak Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Tahun 2022, di Istana Wakil Presiden, Selasa (26/4).

Baca juga : Menkumham: Kekayaan Intelektual Dapat Mendukung Laju Ekonomi

Yasonna mengatakan, mayoritas penduduk Indonesia adalah Generasi Z yang berusia 8-23 tahun dengan porsi sebesar 27,94 persen dari total populasi yang memiliki tingkat adopsi digital yang diperlukan saat ini. “Karakteristik anak muda yang memiliki pemikiran inovatif, energik, dan kreatif harus terus dikembangkan agar dapat berdaya saing,” ujar Yasonna.

Kesadaran dan pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda akan pentingnya inovasi dan berkreasi, diharapkan bertambah setelah melihat kesuksesan para penerima Penghargaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia (WIPO Awards) yang diberikan oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

Baca juga : Kesempatan Bagi Mahasiswa Raih Impian Dalam Perkembangan Dunia Digital

Penerima penghargaan itu adalah Angel Lee, siswi SMP 2 Tarakanita kelahiran 11 Juni 2007 yang mengoleksi juara di bidang programming dan robotik. Kemudian, penghargaan untuk musikus dan komponis Purwa Tjaraka, Universitas Gadjah Mada, dan Profesor Subagjo bersama tim Fakultas Teknik Kimia ITB-nya.

Wapres juga menyerahkan penghargaan kepada dua tokoh nasional pendorong perkembangan kekayaan intelektual yang telah berkontribusi mendorong perkembangan kekayaan intelektual melalui pengesahan beberapa Undang-Undang Kekayaan Intelektual, yakni Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, serta mantan Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Ahmad M Ramli.

Baca juga : Pengamat: Mbak Puan Bisa Jembatani PDIP Dengan Kekuatan Islam

Kemudian, Menkumham Yasonna Laoly juga menyerahkan pencatatan hak cipta kepada mahasiswa doktoral Universitas Pertahanan yang juga Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto atas karya-karya tulisnya.

"Selamat kepada seluruh penerima Penghargaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia maupun Penghargaan Menkumham. Saya yakin inovasi dan kreasi yang telah saudara-saudara berikan pada negara ini akan berguna untuk kemajuan kita bersama baik sebagai warga Indonesia maupun dunia,” ujar Wapres Ma’ruf Amin. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.