Dark/Light Mode

Rakernas KAI

Tjoetjoe Sandjaja Didapuk Jadi Bapak Advokat Modern

Rabu, 1 Juni 2022 14:19 WIB
Rakernas Kongres Advokat Indonesia. (Foto: Istimewa)
Rakernas Kongres Advokat Indonesia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tjoetjoe Sandjaja Hernanto mendapat penghargaan bergengsi dalam para pengacara Tanah Air. Dalam Rakernas Kongres Advokat Indonesia (Rakernas KAI) 2022 yang digelar di Bali, Tjoetjoe didapuk sebagai Bapak Advokat Modern.

Penghargaan tersebut tidak lepas dari peran besar advokat senior ini dalam percepatan kemajuan organisasi advokat dari sektor teknologi digital. Misalnya dengan e-Lawyer yang bisa dimanfaatkan banyak pihak. Keputusan ini juga tertuang dalam hasil rekomendasi eksternal Rakernas KAI.

"Pak Tjoetjoe ini menggagas e-Lawyer yang sangat mempermudah jalannya roda organisasi advokat. Dulu semuanya ribet dan serba manual. Sekarang semua bisa didigitalisasi dan ringkas," jelas salah satu peserta Rakernas, Ibrahim Massidenreng, Rabu (1/6).

Baca juga : Projo Undang Ganjar Yang Didukung Joman

Ibrahim menambahkan, dengan adanya e-Lawyer, masyarakat umum pengguna jasa profesi pengacara bisa melakukan validasi guna memastikan seorang advokat itu anggota KAI. "Sistem ini sangat membantu kita untuk memvalidasi seorang advokat. Di dalam aplikasinya juga banyak manfaat lain yang berfungsi memudahkan kerja para advokat," tambahnya.

Gio, anggota KAI lainnya, mengemukakan, Tjoetjoe berhasil membawa perubahan besar di dunia advokat. Terobosannya yang menjadi pionir digitalisasi sistem organisasi, saat ini mulai diikuti organisasi lain untuk membuat sistem serupa. "Presiden KAI itu pionir dari semua organisasi advokat melakukan digitalisasi," tutur Gio.

Tjoetjoe menjelaskan, semua sistem digital yang ia konsepkan dan terapkan dari awal menjabat sebagai Presiden Kongres Advokat Indonesia bertujuan agar advokat tidak tergilas kemajuan zaman. Ia berpendapat, semua jenis profesi saat ini mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi, termasuk advokat dan organisasinya. "Alhamdulillah saat ini teman-teman dari organisasi lain juga mulai mendigitalisasi sistem organisasinya," jelas Tjoetjoe, di sela Rakernas.

Baca juga : Bank DKI Dorong Digitalisasi Bank Wakaf Mikro Di Ponpes

Ia menjelaskan, e-Lawyer yang digagasnya juga berfungsi mempermudah, mempercepat, hingga meminimalisir kesalahan dan menutup kemungkinan terjadinya pungli atau biaya-biaya yang tidak perlu bagi para advokat.

Rakernas KAI 2022 diadakan di Marriott The Stones Hotel Bali dalam balutan acara yang megah dan penuh kesan kombinasi etnik Bali dengan teknologi modern. Ballroom berkapasitas 1.000 orang tempat acara berlangsung terasa penuh dan padat oleh anggota KAI yang datang dari seluruh Indonesia.

“Diselenggarakannya Rakernas KAI di Bali merupakan bagian dari peran para advokat dalam menghidupkan kembali pariwisata Pulau Dewata setelah selama dua tahun dipukul pandemi” kata Ketua Panitia Heru Notonegoro, di hadapan Gubernur Bali I Wayan Koster yang hadir di lokasi.

Baca juga : Stok Pangan Dijamin Aman

“Kongres Advokat Indonesia keren, keren, keren,” kata Koster, saat turut memberikan sambutan dan membuka acara.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.