Dewan Pers

Dark/Light Mode

Gelar Rakernas V Di Magelang

Projo Undang Ganjar Yang Didukung Joman

Sabtu, 21 Mei 2022 07:35 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Facebook)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Pro Jokowi (Projo) berencana menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V 2022 di Magelang, Jawa Tengah, akhir pekan ini. Menurut jadwal, acara ini akan dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi), sekaligus akan diminta memberikan wejangan politik menatap Pemilu 2024.

Projo juga akan mengundang Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Meski begitu, Projo belum akan menentukan dukungan kepada tokoh manapun, tidak seperti relawan lainnya, seperti Jokowi Mania (Joman). Apakah ada perpecahan antara sesama relawan Jokowi?

Ketua Umum Joman Immanuel Ebenezer membantahnya. Kelompok relawan yang mendirikan Ganjar Pranowo (GP) Mania ini menegaskan, dukung mendukung calon menjadi urusan dapur masing-masing.

Berita Terkait : Ganjar Diundang Gak Ya...

“Saya diundang juga kok ke Rakernas besok. Ini saya perjalanan ke Magelang,” kata Immanuel kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Ditegaskannya, masing-masing simpul relawan Jokowi boleh mendukung siapa saja. Termasuk GP Mania yang telah mendirikan berbagai simpul relawan mendukung Ganjar menjadi Capres 2024 di berbagai daerah.

Diakuinya, Joman dan Projo juga sering komunikasi soal arah dukungan dalam Pilpres 2024. “Kami obrolin juga soal dukungan ke Mas Ganjar. Mereka belum memutuskan, tentu kami hormati,” tuturnya.

Berita Terkait : Pengembang Mangkir Mesti Diganjar Sanksi

Immanuel menduga, belum diputuskannya dukungan Projo karena Ketua Umumnya, Budi Arie Setiadi masih di jajaran kabinet pemerintahan. “Sehingga terkendala professionalitas dan etika. Kalau saya, kan sudah tidak di pemerintahan. Sehingga bebas menyatakan dukungan ke Mas Ganjar,” tutupnya.

Untuk diketahui, Rakernas V Projo digelar di Kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, kemarin (20/5) hingga Minggu (22/5). Agenda awal Rakerna V Projo yakni bakti sosial bersama warga, 20 kepala desa, dan camat. Presiden Jokowi akan membuka Rakernas V Projo, Sabtu (21/5), pukul 10.00 WIB. Jokowi direncanakan akan memberikan pidato dan arahan.

“Ya menentukan langkah politik Projo 2024, kita akan dengar dulu arahan Presiden dalam pidato besok. Karena arahan beliau, selaku Ketua Dewan Pembina, akan menjadi pijakan, akan jadi dasar kita mengambil keputusan bertindak,” kata Bendahara Umum Projo, Panel Barus dalam keterangannya, kemarin.

Berita Terkait : Partai Din Gelar Rakernas Di Hotel Mewah Ancol, Gatot Dan Riza Hadir

Projo, kata Panel, belum menentukan siapa yang bakal didukung pada Pilrpes 2024. Di Rakernas nanti pun belum akan menentukan siapa tokoh yang didukung Projo. “Tidak ujug-ujug mendukung siapa. Yang penting bagaimana melahirkan pemimpin seperti Jokowi,” tegasnya. ■