Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Awasi 17 Ribu Pasar Tiap Hari

Polri Pastikan Ketersediaan Dan Harga Minyak Goreng Terjaga

Jumat, 10 Juni 2022 13:56 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pihaknya akan mengawasi ketersediaan dan harga minyak goreng jenis curah mulai dari tingkat produsen hingga ke pasar, sebagaimana arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Untuk itu, Polri bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi serta Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

"Kami mendapatkan tugas untuk membantu memastikan bahwa seluruh proses berjalan dengan baik. Utamanya terkait dengan verifikasi kewajiban dari produsen untuk memastikan produksi minyak goreng curah betul-betul berada di pasar. Sehingga kemudian persetujuan ekspor dapat diberikan," ujar Sigit dalam acara Business Matching Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) di Bali, Jumat (10/6).

Baca juga : Mendag: Aplikasi Digital Lacak Ketersendatan Minyak Goreng

Dia menjelaskan, setiap hari pihaknya mengawasi kurang lebih 17 ribu pasar tradisional. Hasilnya, sebanyak 10 ribu pasar secara rutin mendapatkan distribusi minyak goreng curah.

"Ada yang setiap hari barang sudah dikirim, ada yang seminggu tiga kali, ada seminggu dua kali, dan kurang lebih 7.000 seminggu satu kali. Ini kita minta untuk terus ditingkatkan, sehingga ketersediaan minyak goreng curah betul-betul ada di pasar," imbaunya.

Selain memantau pasar, Polri juga mengikuti perkembangan harga buah tandan segar. Menurut Sigit, jika tangki terserap untuk bisa direalisasikan, baik dalam bentuk minyak curah maupun ekspor, buah tandan segar yang dibeli oleh produsen dapat meningkat untuk diolah menjadi Crude Palm Oil (CPO).

Baca juga : Kesetiaan Ganjar Kepada Banteng Diuji

"Saat ini harga-harga (buah tandan) kita perhatikan rata-rata di angka Rp 2.000-2.100 sampai Rp 2.500. Di 51 wilayah sudah di angka ep 2.550. Harapan kita semua petani bisa mendapatkan harga antara Rp 2.500 sampai dengan Rp 3.000," harapnya.

Dengan seluruh pengawasan tersebut, mantan Kapolda Banten ini berharap semua pihak, mulai dari petani hingga produsen, mendapat keuntungan yang sama. Serta, tak ada lagi permainan atau spekulan yang bermain dengan ketersediaan minyak goreng, khususnya jenis curah.

"Jadi harapan kita petani sejahtera, minyak goreng curah tersedia di pasar dan produsen melalui proses verifikasi pengawasan dari semua pihak terkait bisa melaksanakan ekspor, yang dalam posisi semua kewajibannya sudah dilaksanakan," tutur Sigit.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.