Dewan Pers

Dark/Light Mode

Ditemani Rapsel Ali

Dubes Spanyol Temui Menhub, Tawarkan Bantuan Proyek Transformasi

Kamis, 30 Juni 2022 20:59 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) bertemu Dubes Spanyol untuk Indonesia Francisco de Asis Aguilera Aranda, di Jakarta, Kamis (30/6). (Foto: Istimewa)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) bertemu Dubes Spanyol untuk Indonesia Francisco de Asis Aguilera Aranda, di Jakarta, Kamis (30/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan dengan Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Indonesia Francisco de Asis Aguilera Aranda, di Jakarta, Kamis (30/6). Dalam pertemuan tersebut, Pemerintah Kerajaan Spanyol menawarkan bantuan untuk proyek transportasi di Indonesia.

Francisco de Asis datang dengan ditemani Muhammad Rapsel Ali, Special Advisor Duta Besar. Dalam pertemuan itu, Menhub didampingi Dirjen Perkeretaapian Zulfikri dan sejumlah pejabat di lingkungan Kemenhub.

Berita Terkait : Satpol PP Gencarkan Lagi Operasi Prokes

Kepada Menhub, Francisco de Asis Aguilera Aranda menawarkan bantuan beberapa proyek yang bisa dibangun di Indonesia. Khususnya terkait transportasi, proyek navigasi baik udara maupun laut, serta pembangunan rel kereta cepat.

Khusus kereta cepat, Spanyol saat ini baru saja meluncurkan layanan moda transportasi baru yang terintegrasi dalam jaringan kereta api AVE mereka yang memiliki panjang lebih dari 4.000 km. Layanan baru ini merupakan layanan kereta berkecepatan tinggi diatas 300 km per jam yang menghubungkan Madrid dan Barcelona. Spanyol juga merupakan mitra kerja sama dalam pembangunan kereta cepat Mekah-Madinah.

Berita Terkait : Terbang Ke Babel, Wapres Serahkan Bantuan Program Santripreneur

Francisco de Asis Aguilera maupun Menhub menganggap model kereta berkepatan tinggi seperti di Spanyo sangat cocok diterapkan di Indonesia. Begitu juga dengan proyek-proyek transportasi dan navigasi lainnya.

Menhub mengapresiasi tawaran Spanyol ini. Makanya, ia langsung menginstruksikan Dirjen terkait untuk segera mengirim infomemo mengenai proyek apa yang bisa dikerjasamakan dengan Spanyol. “Ini akan kita tindaklanjuti dengan pertemuan intensif lainnya,” kata Menhub, seperti keterangan yang diterima redaksi, Kamis (30/6).

Berita Terkait : BAZNAS Dipercaya Arab Saudi, Salurkan Bantuan Kurma

Pada kesempatan itu, Kemenhub menawarkan proyek di sejumlah daerah di wilayah Indonesia. Termasuk di antaranya beberapa pelabuhan yang dianggap butuh kerja sama dan investasi. Secara khusus, Menhub juga menawarkan kepada Spanyol untuk berinvestasi dalam pembangunan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.■