Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Emak-Emak Kalbar Ingin Ganjar Jadi Presiden 2024

Senin, 4 Juli 2022 09:52 WIB
Emak-emak yang terdiri dari beragam profesi ini melakukan deklarasi di rumah adat terbesar suku Dayak di Rumah Radakng, Sungai Bangkong, Kota Pontianak, Kalimantan Barat pada Minggu (3/7). (Foto: Indonesia)
Emak-emak yang terdiri dari beragam profesi ini melakukan deklarasi di rumah adat terbesar suku Dayak di Rumah Radakng, Sungai Bangkong, Kota Pontianak, Kalimantan Barat pada Minggu (3/7). (Foto: Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan emak-emak yang tergabung dalam Mak Ganjar Kalimantan Barat (Kalbar), melakukan deklarasi untuk mendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Emak-emak yang terdiri dari beragam profesi ini melakukan deklarasi di rumah adat terbesar suku Dayak di Rumah Radakng, Sungai Bangkong, Kota Pontianak, Kalimantan Barat pada Minggu (3/7).

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Kalbar, Maya Wulansari menyampaikan, mengusung orang nomor satu di Jawa Tengah itu lantaran dinilai sebagai pemimpin yang diyakini mampu mewujudkan emansipasi wanita di Indonesia.

Baca juga : Pelaku UMKM Dan Emak-Emak Ngarep Sandiaga Uno Presiden 2024

"Kalau bagi emak-emak, Pak Ganjar Pranowo adalah sosok yang sangat peduli terhadap komunitas perempuan. Yang mana kita ketahui bahwa masih ada penyekatan-penyekatan untuk perempuan di Indonesia," ujar Wulan.

Wulan menambahkan, kalangan wanita khususnya Mak Ganjar selalu berharap emansipasi wanita bisa direalisasikan di semua lini kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebab, lanjut Wulan, masih banyak kaum wanita yang belum merasakan emansipasi.

Menurut Wulan, Ganjar mendukung terwujudunya emansipasi wanita dengan keberhasilan UMKM Jawa Tengah sebagai salah satu usaha kecil dan menengah terbesar di Indonesia, salah satunya Lapak Ganjar. Yang mana, UMKM Jawa Tengah mayoritas dijalankan oleh wanita.

Baca juga : Ribuan Kyai-Habib, Ulama dan Santri Istighosah Doakan Ganjar Jadi Presiden 2024

"Jadi harapannya, ketika Pak Ganjar naik jadi presiden, emansipasi itu bisa terealisasikan kepada seluruh wanita dengan adanya Pak Ganjar. Karena memang sosok Pak Ganjar sangat memperhatikan perempuan," ungkap Wulan. 

"Bagi kami Pak Ganjar ini adalah figur yang merakyat. Jadi kami tidak khawatir kalau misalnya Pak Ganjar ini menjadi Presiden untuk periode 2024-2029. Dia akan mampu mengayomi masyarakat yang ada di Indonesia," lanjut Wulan.

Selain deklarasi, pada acara ini turut diadakan kegiatan senam pagi. Di mana, senam pagi ini merupakan salah satu upaya Mak Ganjar untuk mengajak wanita Indonesia menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga, layaknya Ganjar yang juga gemar berolahraga pagi.

Baca juga : Dekat dengan Pesantren, Ganjar Disholawatkan Gus-Gus Nusantara Jadi Presiden 2024 

Lebih lanjut, Melinda, salah satu Mak Ganjar Kalbar yang menjadi instruktur senam mengaku, tertarik mengisi acara itu karena mengidolakan sosok Ganjar. Ia yakin Gubernur Jawa Tengah itu dapat membawa perubahan untuk negeri ke arah yang lebih baik.

"Pak Ganjar sosok pemimpin yang baik, pengertian, peduli kepada rakyatnya, khususnya emak-emak. Pokoknya saya dukung lah beliau naik (Presiden). Saya percaya sama beliau, bahwa beliau mampu membawa rakyat Indonesia dengan jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya," tutur Melinda.

Sebagai informasi, pemberian sembako gratis juga diadakan dalam kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Mak Ganjar terhadap sesama kalangan emak-emak, khususnya di Kalimantan Barat.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.