Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Survei Indikator: Tertinggi Ketiga, Kapolri Berhasil Jaga Kepercayaan Publik

Senin, 11 Juli 2022 18:05 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis temuan terbaru terkait kepercayaan masyarakat terhadap institusi negara. Hasilnya, Polri menjadi lembaga penegak hukum dengan tingkat kepercayaan tertinggi.

Secara keseluruhan, Polri menjadi institusi negara di posisi ketiga dengan kepercayaan publik tertinggi, berada di belakang TNI dan presiden.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, tingkat kepercayaan publik terhadap Polri berada di angka 76,4 persen. 

Baca juga : Survei PWS: Prabowo Menteri Berkinerja Terbaik

 "Di antara institusi negara, Polri ada di urutan ketiga, berada di belakang TNI dan presiden. Namun, jika disejajarkan dengan lembaga penegak hukum lain, Polri memiliki kepercayaan tertinggi," ujar Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk Evaluasi Publik terhadap Kinerja Pemerintah dalam Bidang Ekonomi, Politik, Penegakan Hukum dan Pemberantasan Korupsi secara virtual, Senin (11/7).

Setelah Polri, dalam temuan Indikator, Kejaksaan menjadi lembaga penegak hukum tertinggi kedua, dengan 74,5 persen. Disusul pengadilan dengan 73,6 persen. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berada di posisi buncit, dengan tingkat kepercayaan 73,3 persen.

Kendati demikian, jika membaca temuan Indikator pada bulan April 2022, tingkat kepercayaan Polri mengalami penurunan. Namun, jumlahnya tidak signifikan.

Baca juga : Tiba Di Jeddah, Menag Minta Petugas Dan Jemaah Jaga Kesehatan

"Pada bulan April, tingkat kepercayaan publik terhadap Polri berada di angka 77,3 persen. Pada bulan Juni, ratingnya turun menjadi 76,4 persen. Namun, ini tidak terlalu signifikan," jelas Burhanuddin.

Jika membedah dari karakteristik masyarakat, tingginya tingkat kepercayaan terhadap Polri disumbang oleh kelompok petani, peternak, dan nelayan.

Menurut Burhanuddin, ratingnya bisa mencapai 81,3 persen. "anya 18,5 persen di antaranya yang merasa kurang percaya dengan Polri," ungkapnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.