Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wayan Sudirta: Pendidikan Kader Bekal Pengabdian Kepada Rakyat

Sabtu, 11 Juni 2022 22:21 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Para peserta Pendidikan Kader Perempuan Tingkat Nasional 2022 diingatkan agar ajaran Bung Karno menjadi bekal dalam kerja-kerja partai di tengah rakyat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Pengajaran dan Kurikulum Sekolah Partai PDI Perjuangan (PDIP) I Wayan Sudirta saat memberikan pengantar sebelum Pendidikan Kader Perempuan Tingkat Nasional 2022 di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (10/6).

Baca juga : Bupati Bintan Minta 20 Kades Yang Baru Dilantik Jadi Pelayan Rakyat

Pada kesempatan itu, I Wayan Sudirta mengutip pernyataan Bung Karno yang mengatakan, pengetahuan atau teori tidak ada guna jika tidak dipergunakan untuk mengabdi kepada rakyat.

"Bung Karno sangat menekankan manfaat pendidikan untuk pengabdian. Untuk itu, peran konkret kader partai dalam kehidupan masyarakat harus selalu digelorakan," tegas Wayan Sudirta, yang juga Wakil Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badiklat Pusat PDIP itu.

Baca juga : Bikin Kebijakan Jangan Korbankan Rakyat Dong

Wayan, yang juga anggota Komisi III DPR ini mengatakan, pelaksanaan pelatihan kader perempuan ini berangkat dari kurikulum kaderisasi PDIP yang bersumber dari ide, gagasan, dan pemikiran Bung Karno.

Selain itu, pendidikan kader perempuan ini juga diselenggarakan agar para kader partai dapat menemukan spirit perjuangan Bung Karno dalam upaya mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Baca juga : Institusi Pendidikan Tak Boleh Abai Terhadap Penyebaran Ideologi Radikal

Wayan juga mengutip pesan seperti yang kerap disampaikan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, yakni kader harus menjadi mata, otot, dan otak partai. Untuk mewujudkan hal tersebut, menurut Wayan Sudirta, kader harus memiliki bekal lima hal pokok.

Pertama, memiliki pemahaman dan kesadaran ideologi yang tinggi. Kedua, memiliki pengetahuan. Berikutnya ketiga, pengabdian, dan kesadaran politik yang tinggi. Kemudian keempat, memiliki kesadaran berpartisipasi yang tinggi. Dan kelima, memiliki kesadaran lingkungan dan sosial.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.