Dark/Light Mode

Sandiaga Beri Pelatihan Inovasi Pengolahan Jagung Kepada UMKM Gorontalo

Kamis, 14 Juli 2022 15:21 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberikan pelatihan pengolahan kepada UMKM Gorontalo, Rabu (13/7). (Foto: Istimewa)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberikan pelatihan pengolahan kepada UMKM Gorontalo, Rabu (13/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatihan yang digelar Yayasan Indonesia Setara (YSI) bersama Small Enterprise Hub (SMESHUB) dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Markas Food, Jalan Joesoef Dalie, Wongkaditi Barat, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.  Pelatihan ini diikuti ratusan peserta yang berasal dari pelaku UMKM, milenial, hingga emak-emak.

Pelatihan pengolahan jagung menjadi susu dan puding yang diajarkan kepada peserta guna menciptakan inovasi baru untuk berwirausaha. Sandiaga berharap, pelatihan tersebut dapat menjadi nilai tambah dan meningkatkan peluang pekerjaan baru. 

Baca juga : Obat Inovatif Dapat Tekan Pengeluaran BPJS Kesehatan Untuk Hemofilia

"Provinsi Gorontalo dikenal sebagai penghasil jagung, pengolahan jagung dan pelatihan ini, saya berharap nilai tambahnya dirasakan oleh masyarakat. Bila nilai tambah meningkat, lapangan kerja terbuka sehingga penghasilannya dirasakan masyarakat, disinilah ekonomi bergerak," kata Sandiaga, Rabu (13/7). 

Akses pemasaran yang cukup sulit dilakukan oleh para UMKM membuat mereka tersendat dalam penjualannya. Dengan begitu Sandiaga memberikan jalan keluar bagi emak-emak dengan cara bantuan promosi. 

Baca juga : Tak Mau Sendirian Terima Penghargaan, Sunarso Bawa Pasukan UMKM BRI Ke Singapura

"Kita punya solusi di Kemenparekraf, saya  pengalaman dalam menghadirkan jalan keluar agar para ibu - ibu ini kita bantu promosinya, kita buka jaringannya, dan suatu saat penghasilan mereka akan meningkat," kata Sandiaga. 

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM Yukemi Botutihe mengungkapkan dengan pelatihan yang diadakan para peserta dapat bangkit dari keterpurukan dalam ekonominya. 

Baca juga : Pengamat Sebut Burhanuddin Ubah Kejagung Lebih Profesional

"Alhamdulillah dengan adanya ini bisa membantu kita yang notabenenya memang sudah terpuruk dalam perekonomian. InsyaAllah kedepannya kita pastikan ini berkembang, karena tadikan sudah dibantu promosi sama Pak Sandi dan itu sangat membantu sekali," kata Yukemi. 

Selain menghadiri pelatihan, Sandiaga juga didambakan maju di Pilpres 2024 oleh para peserta. Sosoknya yang berwibawa, merakyat, dan bisa membangkitkan UMKM membuat para peserta yakin Sandiaga Uno pantas menjadi Presiden 2024.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.