Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Relawan Des Ganjar Makassar Gemakan Ganjar Presiden 2024: Figur yang Dibutuhkan untuk Indonesia Maju

Senin, 8 Agustus 2022 16:50 WIB
Warga `Kota Anging Mamiri` yg tergabung dalam Jaringan Desa untuk Ganjar atau Des Ganjar berkumpul dan menyerukan Ganjar Presiden 2024 di Anjungan Bugis Pantai Losari, Minggu (7/8/22). (Foto: Istimewa).
Warga `Kota Anging Mamiri` yg tergabung dalam Jaringan Desa untuk Ganjar atau Des Ganjar berkumpul dan menyerukan Ganjar Presiden 2024 di Anjungan Bugis Pantai Losari, Minggu (7/8/22). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Jaringan Desa untuk Ganjar atau Des Ganjar terus melebarkan sayap ke seluruh penjuru Negeri  guna mengkonsolidasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo Presiden 2024. Tak terkecuali di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Tidak kurang 3000 warga 'Kota Anging Mamiri' ini berkumpul dan menyerukan Ganjar Presiden 2024 di Anjungan Bugis Pantai Losari, Minggu (7/8/22). 

"Antusias masyarakat Makassar tak terduga. Dari sedikit pamflet yang kami sebar, ternyata ada ribuan warga yang hadir di sini untuk menyatakan dukungan untuk Pak Ganjar dan mengikrarkan diri sebagai relawan. Sebagian mereka datang dari 136 komunitas pemuda dan UMKM," jelas Ketua Des Ganjar Makassar, Rudini di lokasi.

Rudini mengatakan gerakan akar rumput tersebut didasari keinginan masyarakat desa untuk bisa maju melalui sejumlah program kesejahteraan yang digagas Ganjar; seperti Lapak Ganjar bagi UMKM, Hetero Space demi meningkatkan skill entrepreneurship kaum milenial, pendidikan gratis, hingga beasiswa ke luar negeri.

"Kami berawal dari komunikasi kecil-kecilan bagaimana mengembangkan potensi anak-anak muda, UMKM dan kebudayaan yang ada di Makassar. Setelah kami melihat program-program yang digagas Pak Ganjar, itulah cita-cita kalangan muda di Makassar agar di bawa menjadi program nasional," ungkap Rudini.

Baca juga : Ganjar Presiden 2024 Menggema dari Ribuan Pemuda di Kalteng

Rudini menyebut, yang terpenting lagi menjadi pertimbangan masyarakat akar rumput memilih Ganjar adalah karena karakter dan pembawaannya yang jujur, santai dan apa adanya; membuat seluruh masyarakat yang hadir sepakat  akan sosok berambut putih itu. Hal tersebut seirama dengan slogannya “Suara rakyat adalah suara Tuhan, tuanku ya rakyat dan jabatan cuma mandat.”

"Harapan kami pemimpin itu sosok yang sederhana, karena di Indonesia ini kami perlu pemimpin yang sederhana, humoris, tetapi juga tegas, egaliter merangkul masyarakat, dan demokratis menampung suara rakyat dalam memimpin negara," tegas Rudini.

Rudini berkomitmen akan terus mensosialisasikan dan menjaring suara-suara masyarakat yang mendukung Ganjar Pranowo menahkodai Indonesia. 

"Suara-suara masyarakat Makassar ini lebih besar di dalam komunitas, bahkan persentasenya 80 persen. Oleh karenanya, kami akan masuk ke sana dan masyarakat luas," tutup Rudini.

Baca juga : Relawan Bermunculan Di Daerah, Puan Maharani Capres 2024 Menguat

Selain deklarasi, para peserta juga meramaikan jalan sehat dengan rute Pantai Losari-Jalan Lamadukelleng-Jalan Haji Bau- hingga finish di Pantai Losari, hingga senam bersama. Adapula penampilan tarian khas Sulawesi Selatan, Paraga.

Senada, Ketua Des Ganjar Sulawesi Selatan, Muhammad Darwis mengaku Ganjar sangat diterima oleh masyarakat kabupaten/ kota hingga desa di pelosok Sulsel. Alasannya, tak lain karena kepedulian dan kepekaan Ganjar terhadap masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah.

"Begitu saya jalan ke kabupaten ke desa memang diterima, kedekatannya dengan masyarakat yang membuat mereka tersentuh. Alhamdulillah di Makassar juga masyarakat menyambut antusias kehadiran Des Ganjar dan mendukung beliau," ucap Darwis.

"Dia (Ganjar) peduli masyarakat kecil dan memprioritaskan bagaimana pengembangan wisata-wisata dengan UMKM di desa-desa supaya di desa bisa menyamai dengan di kota," imbuh Darwis.

Baca juga : 1.500 Perwakilan Desa Kabupaten Langkat Deklarasikan Ganjar Pranowo Presiden 2024

Darwis berharap, Des Ganjar dapat menjadi pemersatu aspirasi rakyat dalam mendukung Ganjar Presiden 2024. Caranya, melalui blusukan ke desa-desa lain di wilayah Sulsel.

"Kalau program Des Ganjar Sulsel tetap konsisten turun ke kabupaten, terutama ke desa-desa karena Pak Ganjar peduli dengan desa, dia peduli tentang masyarakat desa dan masyarakat paling banyak di desa," tutup Darwis. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.