Dark/Light Mode

Delegasi Dari 22 Negara Hadiri DMM G20 Di Belitung

Kamis, 8 September 2022 10:23 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin di Kabupaten Belitung, Rabu (7/9). (Foto Pemprov Babel)
Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin di Kabupaten Belitung, Rabu (7/9). (Foto Pemprov Babel)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin menyatakan, ratusan delegasi dari 22 negara menghadiri Development Ministerial Meeting (DMM) G20 di Kabupaten Belitung, pada 7-9 September 2022.

"Selamat datang di Bangka Belitung, salah satu provinsi kepulauan yang ada di Indonesia," kata Ridwan Djamaluddin, Rabu (7/9), saat menyampaikan kata sambutan pada Diskusi Pertama Side Event G20 dalam Seminar “The Development of Indonesia's Blue Economy".

Dilansir Kantor Berita Antara, ia mengatakan, hari pertama (7/9) perhelatan G20 di Belitung ini dihadiri para delegasi membahas blue economy atau ekonomi biru untuk pembangunan ekonomi berkelanjutan yang berpusat di laut.

Baca juga : Putin Mau Hadiri KTT G20 Di Bali, Ini Pertimbangannya

"Ekonomi biru ini sangat potensial dan cocok dengan Indonesia, khususnya Babel yang merupakan provinsi kepulauan," katanya.

Menurut dia, jika kembali melihat sejarah bahwa dari lagu anak-anak yang berjudul "Nenek Moyangku, Seorang Pelaut" secara harfiah menunjukkan bahwa laut telah menjadi urat nadi kehidupan di Indonesia sejak lama.

Selain itu, katanya, disebutkan pula bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dan negara nelayan terbesar kedua setelah China.

Baca juga : Hari Ini, SIM Keliling Bekasi Hadir Di Metropolitan Mall

"Topik diskusi yang dicanangkan ini begitu erat dengan Indonesia dan sejalan dengan program ekonomi maritim yang diusung Presiden Joko Widodo," imbuhnya.

Pemerintah tengah berupaya memperbaiki pengelolaan sektor biru melalui pendekatan berbasis spasial, yakni Kawasan Pengelolaan Perikanan dan Kawasan Konservasi Perairan.

"Kami berharap dengan adanya acara ini dapat menambah koneksi, memicu kolaborasi, dan sinergi yang baik untuk Indonesia dengan negara-negara G20 yang hadir," katanya.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.