Dark/Light Mode

Dukungan Internal PPP Terbelah

Ganjar Bisa Nyodok Di Bursa Capres KIB

Senin, 10 Oktober 2022 08:00 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Facebook)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Menurutnya, Ganjar tak asing bagi PPP. Ganjar disebut keluar­ga besar PPP. Sebab mertua dan kakak ipar Ganjar, adalah kader PPP di Jawa Tengah. “Sehingga memiliki histori dan kedekatan hubungan Ganjar ada peluang, tokoh-tokoh lain ada juga,” ujar Mardiono di Medan.

Mardiono mengakui, sejumlah pengurus wilayah PPP seperti DKI Jakarta, Banten dan wilayah lainnya sudah mulai mendukung Ganjar. Namun, ada mekanisme dan peraturan partai yang harus dilalui. Yakni lewat Mukernas dan melalui pertim­bangan majelis-majelis PPP.

Artinya, nama Ganjar masih diseleksi hingga akhirnya dipu­tuskan bersama seluruh kader Ka’bah. Dia pun memastikan, soal capres-cawapres, menyer­ahkan semua kepada keputusan bersama partai lain di KIB.

Baca juga : Mukerwil PPP Jatim Usulkan Ganjar Pranowo Capres 2024

Sebelumnya, Ketua DPW Sulawesi Selatan (Sulsel) PPP Imam Fauzan Amir Uskara mengumumkan hasil Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil) yang mengusulkan Ganjar sebagai Capres 2024. “Ada masukan dari DPC tingkat Kabupaten Kota di Sulsel yang meminta Ganjar sebagai Capres dari PPP,” ung­kap Fauzan Rabu (5/10) sembari menyampaikan, hasil Mukerwil telah disampaikan kepada Plt Ketum Mardiono.

Serupa, DPW PPP Banten juga mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. “DPW Banten mengusulkan Ganjar Pranowo sebagai sebagai calon presiden di Pemilu 2024,” Ketua DPW PPP Banten, Subadri Ushuludin saat deklarasi di Hotel Le Dian, Serang, Jumat (7/10).

Dia menyebut, hasil deklarasi dari DPW PPP Banten ini akan disampaikan ke pengurus PPP di Jakarta. Harapannya dukungan dari Banten dibahas di Rapimnas dan memperjuangkan nama Ganjar di KIB.

Baca juga : Kader PPP DKI Jakarta Deklarasikan Ganjar Capres 2024

Senada, Kader Kabah Jakarta juga mendeklarasikan Ganjar sebagai Capres 2024. Selain karena rekam jejaknya, Ganjar juga dinilai bagian dari keluarga Partai Ka’bah. “Kami dari Kader Kabah Jakarta mendeklarasikan Ganjar sebagai Capres di Pemilu 2024,” kata Koordinator Kader Kabah Jakarta Muchbari dalam keterangan tertulisnya Jakarta, Kamis (6/10).

Peluang besar Ganjar diusung KIB juga tercermin dalam survei Poltracking Indonesia yang dige­lar 1-7 Agustus 2022. “Sejumlah sentimen publik yang selama ini terekam awak media bahwa KIB kerap diisukan akan mengusung Ganjar menjadi capres,” kata Direktur Eksekutif Poltracking, Hanta Yuda.

Namun, hal ini dibantah pen­tolan KIB dari Partai Golkar, Dave Laksono. Dia bilang, KIB hanya akan mendukung tokoh yang berasal dari internalnya. Sedangkan Ganjar merupakan kader PDIP, yang bukan bagian dari KIB. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.