Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar Cek Pembangunan Embung Senilai Rp 3,47 M Hasil Hibah Warga Kalibareng 

Sabtu, 22 Oktober 2022 11:29 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meninjau lahan pembangunan Embung Desa Kalibareng, Patean, Kabupaten Kendal, Jateng, Jumat (21/10). (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meninjau lahan pembangunan Embung Desa Kalibareng, Patean, Kabupaten Kendal, Jateng, Jumat (21/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meninjau lahan pembangunan Embung Desa Kalibareng, Patean, Kabupaten Kendal, Jateng. Selain dibangun dari bantuan keuangan (bankeu) Pemprov Jateng sebesar Rp 3,47 miliar, lahan embung tersebut juga didapat dari hibah seorang warga.

Dia adalah Subari (60), salah satu petani dari Kelompok Tani (Poktan) di Desa Kalibareng. Subari menghibahkan tanahnya untuk pembangunan embung seluas 1.800 meter persegi. 

"Pak Subari ini punya lahan di sini, dan ketika kemudian diusulkan agar dibuatkan embung, dia ikhlas memberikan tanahnya. Ini contoh yang menurut saya bagus sekali," kata Ganjar di lokasi, Jumat (21/10). 

Baca juga : PUPR Sebar Bantuan PSU Rumah Subsidi Rp 6,97 Miliar di Sulteng

Di samping membantu warga sekitar, kata Ganjar, Subari secara langsung juga mempercepat kerja pemerintah. Pasalnya, Ganjar menyebut pembangunannya menjaid cepat karena tidak perlu melakukan pembebasan tanah. 

"Kalau modelnya semacam ini, pemerintah bisa lebih banyak lagi dan cepet. Tidak usah membebaskan tanah, kita cepat. Ini lebih hebat lagi punya pribadi," kata Ganjar. 

Di sisi lain, Ganjar menjelaskan, waduk mini ini dapat menampung hujan dan mata air di atas embung yang sebelumnya kerap menjadi penyebab banjir dan persoalan-persoalan lain. Ganjar berharap, air yang masuk bisa di-manage dan didistrubusikan ke warga lagi. 

Baca juga : Bamsoet Dukung Pembangunan Sirkuit Balap Di Kalimantan Timur

"Tentu saja sisa airnya nanti akan dibuatkan semacam saluran yang kita harapkan tahun depan kita extend, kita teruskan kepada yang membutuhkan. Nah ini butuh musyawarah dan dukungan dari warga," katanya. 

Sementara itu, Subari mengaku ikhlas menghibahkan lahan miliknya untuk membangun embung demi kepentingan warga sekitar. Subari ingin masyarakat dapat memanfaatkan air dari embung tersebut. 

"Memberikan tanah ini karena saya dan kelompok tani itu punya gagasan. Gagasannya itu untuk mengairi sawah yang biasanya kekurangan air, supaya airnya bisa dimanfaatkan. Ikhlas," katanya. 

Baca juga : Halim Usul Masa Jabatan Kades Jadi 9 Tahun

Subari berharap, embung Desa Kalibareng nantinya bisa dimanfaatkan warga untuk berbagai sektor. Mulai dari pengairan hingga parisiwata. 

"Harapannya nanti bisa buat pengairan, rencananya pariwisata nanti Bapak Kades yang merencanakan, saya yang memberi persiapan. Mudah-mudahan ada manfaatnya, lebih sejahtera petani. Saya ingin bagi-bagi agar sawahnya bisa diairi semua," pungkas Subari.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.