Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Stadium General Di UIN Walisongo

Kapolri Bakal Hadiri Kuliah Umum dan Deklarasi Muda Kawal NKRI

Jumat, 28 Oktober 2022 20:47 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Istimewa)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan menggelar Stadium General bertema Pemuda dan Dinamika Kebangsaan, Sabtu (29/10) besok.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan pembacaan teks Sumpah Pemuda dan deklarasi Muda Kawal NKRI.

Penanggungjawab acara Mahbub Zaki mengatakan, kegiatan tersebut akan dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Mahasiswa UIN Wali Songo serta para Ketua Umum Organisasi Kepemudaan Se-Jawa Tengah.

"Betul, 29 Oktober akan diselenggarakan kuliah umum dan deklarasi Muda Kawal NKRI. Acara ini adalah upaya untuk membangun silahturahmi antara Kapolri dengan para pemuda yang bertepatan dengan Sumpah Pemuda kemarin," kata Mahbub Zaki dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/10).

Baca juga : Kapolri: Aset Bangsa Harus Dikembangkan dan Dikenal Seluruh Dunia

Pria yang akrab disapa Gus Boby itu menerangkan, acara tersebut merupakan bentuk dukungan para pemuda terhadap kepemimpinan Kapolri agar senantiasa dapat menyelesaikan berbagai persoalan yang mengancam keharmonisan dan keberagaman. Serta upaya-upaya lain yang mengancam integrasi bangsa.

"Direncanakan acara ini akan dipenuhi para pemuda dari berbagai elemen untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut," kata Gus Boby.

Rektor UIN Walisongo Prof. Imam Taufiq mengatakan, kegiatan deklarasi Muda Kawal NKRI merupakan bentuk apresiasi civitas akademik dan para pemuda kepada pemerintah dan Polri dalam menjalankan tugas sekaligus membangun jiwa kebangsaan anak muda yang rentan terbelah akibat fragmentasi politik kepentingan.

"Selain itu, untuk mendukung penuh Presiden Republik Indonesia dan Kapolri dalam memperkuat wawasan kebangsaan untuk menjadi bekal generasi muda dalam menjaga NKRI sekaligus menghadapi ancaman krisis global," ujarnya.

Baca juga : Poltracking: Duet Ganjar Dan Erick Bakal Jadi Prioritas Utama PAN Di Pilpres

UIN Walisongo sebagai lokasi kegiatan memiliki peranan penting dalam pergerakan khazanah Islam Nusantara. UIN Walisongo terlibat dalam pergulatan meneruskan tradisi dan cita-cita Islam inklusif ala Walisongo.

Sembari melakukan inovasi, UIN Walisongo secara signifikan berdaya guna untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan secara nyata berkhidmat untuk membangun peradaban manusia.

UIN Walisongo juga menjadi simbol dan spirit bagi dinamika sejarah perguruan tinggi Agama Islam terbesar di Jawa Tengah.

"Keterlibatan UIN Walisongo sangat tampak dalam berkhidmat mencerdaskan generasi penerus bangsa dan mewujudkan Islam rahmatan lil alamin (rahmat bagi seluruh alam). Semangat inilah yang ingin kita perlihatkan, menunjukkan kepada publik bahwa Polri dan pemuda dapat berkolaborasi menyelesaikan persoalan kebangsaan saat ini," jelasnya.

Baca juga : Isi Stadium General Di IPDN, Wamendagri Ingatkan ASN Harua Jaga Integritas

Selain Semarang, Kapolri diagendakan berkunjung ke sejumlah Pondok Pesantren di Rembang pada Minggu, (30/10). Langkah itu sebagai bentuk semangat Polri untuk memperkuat silaturahmi dengan ulama dan bersama-sama merawat NKRI. Karena ulama dan Polri merupakan aset bangsa. Terlebih, ulama memiliki peran besar dalam perjuangan republik ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.