Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadiri Rhapsody Nusantara

Ganjar Dapat Kado Lukisan Bung Karno

Sabtu, 29 Oktober 2022 16:29 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) memberi salam kepada seniman Butet Kartaredjasa ketika menghadiri acara Rhapsody Nusantara, yang dihelat di Diamond Solo Convention Center, Jumat (28/10) malam. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) memberi salam kepada seniman Butet Kartaredjasa ketika menghadiri acara Rhapsody Nusantara, yang dihelat di Diamond Solo Convention Center, Jumat (28/10) malam. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendapatkan kado istimewa dari seniman Butet Kartaredjasa, saat menghadiri acara Rhapsody Nusantara, yang dihelat di Diamond Solo Convention Center, Jumat (28/10) malam.

Para seniman-seniman tersohor yang hadir dalam event tersebut, turut melantunkan doa bagi Ganjar, yang hari itu berulang tahun ke-54.

Pertunjukan kolaborasi antara musik, tari, dan puisi itu dibuka dengan penampilan dari kelompok Kolintang Gratia. Kemudian disambung dengan alunan gamelan Sekaten yang dimainkan oleh para pengrawit wanita.

Panggung Rhapsody Nusantara kian meriah dengan penampilan dari berbagai seniman, seperti Dira Sugandi, Sruti Respati, Filda Wibowo, Melati Arumsari, hingga Dewi Pembayun.

Mereka bergantian menampilkan pertunjukan yang menggambarkan keanekaragaman yang dipersatukan dalam wadah Indonesia di bumi Nusantara.

Baca juga : Konser Rhapsody Nusantara Di Solo, Bakal Dihadiri 1.000 Penonton

Selain itu ada juga pembacaan puisi dari aktris kawakan Christine Hakim dan Butet Kartaredjasa. Christine Hakim naik ke panggung, tepat setelah Ganjar hadir.

Dia kemudian membacakan sebuah puisi karya WS Rendra. Usai membaca puisi, ia kemudian menyapa Ganjar dan memberikan ucapan selamat ulang tahun.

"Izinkan saya untuk mengucapkan selamat ulang tahun, kepada Bapak Gubernur, Pak Ganjar. Semoga Pak Ganjar diberikan umur yang panjang, umur yang barokah. Dan semoga Pak Ganjar selalu disayangi dan dikasihi Allah, selalu dibimbing dan dituntun Allah, dan selalu menjadi pemimpin yang amanah," ucapnya, sebelum turun panggung.

Ucapan selamat dan doa itu disambut Ganjar dengan langsung berjalan menghampiri Christine Hakim. Keduanya kemudian berjabat tangan, dan sesekali terlihat tertawa bersama.

Pertunjukan kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari Butet Kartaredjasa. Kali ini Butet tidak bermonolog, tetapi membacakan puisi karya Gus Mus.

Baca juga : Polda Lampung Musnahkan 2 Hektar Kebun Ganja Di Kabupaten Aceh Besar

Setelah itu, secara khusus, Butet mengundang Ganjar untuk naik ke atas panggung. Rupanya, ia ingin memberikan hadiah ulang tahun kepada Ganjar.

“Meski saya seniman miskin, saya kasih hadiah mau nggak? Mas Ganjar saya minta naik ke atas panggung. Silakan dibuka hadiahnya," ajak Butet.

Ternyata, hadiah yang diberikan oleh Butet adalah lukisan Soekarno dengan latar merah. Pada bagian atas tertulis sebuah kalimat “Warisilah Apinya, Jangan Abunya”.

Lukisan tersebut merupakan salah satu koleksi Butet yang dipajang di rumahnya. Ganjar sendiri beberapa hari sebelumnya pernah melihat langsung lukisan itu dan berfoto bersama Butet di depannya.

"Ini lukisan yang disukai Mas Ganjar waktu main ke rumah seminggu lalu," ungkap Butet.

Baca juga : Pengamat: Kode Jokowi Dukung Airlangga Amat Jelas

Ganjar sendiri mengakui, dia memang tertarik dengan lukisan itu saat menyambangi rumah Butet.

"Saya bilang lukisan ini bagus sekali ya. Dan ada lagi satu lagi lukisan yang saya naksir, yaitu lukisannya Kapolri zaman dulu, Pak Hoegeng. Jadi lukisan itu Pak Hoegeng mengecat Pak Hoegeng. Pak Hoegeng yang dicat itu adalah Kapolri dan belum tuntas. Filosofinya dalam banget itu," kisah politisi PDIP itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.