Dark/Light Mode

M20 Lahir Untuk Perkuat Peran Musik Sebagai Agen Perubahan Dunia

Selasa, 1 November 2022 23:03 WIB
Konferensi Pers M20 Summit Conference, di Jakarta Sasono Langen Budoyo TMII, Jakarta, Selasa (1/11). (Foto: Istimewa)
Konferensi Pers M20 Summit Conference, di Jakarta Sasono Langen Budoyo TMII, Jakarta, Selasa (1/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rangkaian puncak acara M20 (Music 20) ditutup dengan perhelatan M20 Summit Conference (KTT) pada Senin (31/10) dan M20 Concert pada Selasa (1/11). Kedua kegiatan tersebut diselenggarakan secara hybrid dan dihadiri tamu undangan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), M20 Summit Conference, dan M20 Concert. Acara dipelopori United in Diversity dan Yayasan Anugerah Musik Indonesia, serta organisasi musik terkemuka di Indonesia.

M20 Summit Conference dihadiri 100 delegasi yang mencakup 30 peserta delegasi Indonesia dan 70 peserta delegasi negara-negara G20 dan negara undangan G20. Negara-negara yang hadir antara lain Amerika Serikat, Brazil, Jepang, Kanada, Kamboja, India, Indonesia, Inggris, Italia, Meksiko, Afrika Selatan, Russia, dan anggota Uni Eropa.

Ketua Komite Pelaksana M20 Tantowi Yahya menjelaskan, pesan penting dari KTT ini tidak terbatas pada konser ramah lingkungan dan rendah emisi yang mencakup nol plastik dalam agenda-agenda festival dan industri hiburan. “Tetapi juga mendukung praktik terbaik untuk mendukung tujuan musik dan juga isu iklim,” kata Tantowi, saat konferensi pers, di Jakarta Sasono Langen Budoyo TMII, Jakarta, Selasa (1/11)

Baca juga : Dorong Perusahaan China Tunaikan CSR

Tantowi menambahkan, M20 juga fokus pada tujuan SDG serta transformasi digital di industri musik. KTT ini mencakup penyelarasan kebijakan di masa depan industri musik untuk mendukung inklusi digital dan budaya, kesejahteraan musisi, dan pekerja kreatif. “Seluruh komunike pada KTT M20 akan menghasilkan draft final yang akan disampaikan kepada Presiden Republik Indonesia dan diserahkan kepada India sebagai negara tuan rumah Presidensi G20 pada tahun 2023,” lanjut Tantowi.

Kata Tantowi, pada KTT tersebut juga akan dilakukan serah terima program M20 ke pihak India. "Semoga Gerakan M20 yang lahir di Indonesia ini bisa menjadi gerakan yang berdampak dan bermanfaat bagi dunia melalui musik” ucapnya.

Acara M20 Concert dimeriahkan sejumlah musisi papan atas seperti Iwan Fals, Kahitna, Once, Isyana X Deadsquad, Dira Sugandi, Slank. Puncak acara utama M20 ini mengusung tema “Musik & SDG’s: Agen Kuat Perubahan Sosial, Lingkungan dan Ekonomi”.

Baca juga : PBNU Happy Gus Yahya Masuk Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia

Beberapa poin yang dicoba digaungkan pada acara ini adalah, driving digital information in fair and inclusive music industry, the welfare of musician, and creative economy worker, better access in the music industry, mainstreaming music-learning, encouraging low-emissions and community-friendly concerts serta menjadikan musik sebagai platform untuk mendorong perdamaian.

Triawan Munaf, Kadri Mohamad, dan Candra Darusman sebagai co-chairs M20 menjelaskan, bahwa nilai-nilai yang akan digaungkan di acara tersebut merupakan hasil diskusi dengan para musisi-musisi di Indonesia. “Kami tentu berdiskusi dengan para musisi-musisi hebat dari lintas generasi dan lintas genre untuk membahas bagaimana mereka memperjuangkan perubahan dan keresahan mereka terhadap isu-isu tertentu melalui karya-karyanya,” katanya.

Candra menerangkan, M20 mendapatkan wawasan yang luar biasa dari para musisi dalam perjuangan mereka untuk mengubah dunia dan merasakan dedikasi yang luar biasa dalam prosesnya. “Melalui diskusi tersebut, M20 memahami keyakinan para musisi bahwa musik bisa menjadi medium yang luar biasa dalam proses penyampaian sebuah pesan dan ide, karena musik merupakan bahasa yang paling universal,” ucapnya.

Baca juga : THE WUR 2023 Tempatkan FT UI Peringkat Pertama Kampus Teknik Terbaik Di Indonesia

Acara konser ini pun juga akan menerapkan konsep yang bersifat rendah emisi, dan konser ramah komunitas, dan minim limbah, konser ini akan mempromosikan kebijakan tata kelola lingkungan, sosial, dan perusahaan, atau ESG di industri dunia hiburan. “Dalam aspek penyelenggaraan konser pun sekarang perlu menerapkan kebijakan yang selaras dan keberlanjutan dalam menanggapi krisis global seperti krisis iklim dan lingkungan” tutup Tantowi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.