Dark/Light Mode

Urusan Copras-capres Makin Rame

Anies Kampanye Duluan, Ganjar Masih Dihalangi

Jumat, 4 November 2022 07:35 WIB
Anies Baswedan berbincang dengan Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Anies Baswedan berbincang dengan Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang akhir tahun, urusan copras-capres makin rame. Anies Baswedan yang telah diusung Partai NasDem sebagai capres, juga mulai rajin ke lapangan. Kalau Anies sudah kampanye duluan, tidak demikian dengan Ganjar Pranowo. Meskipun punya elektabilitas tokcer, Gubernur Jawa Tengah ini masih dihalangi PDIP buat ngomongin capres, apalagi kampanye.

Setelah lengser sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies mulai ngegas soal pencapresan. Dalam satu pekan ini saja, Anies sudah keliling ke sejumlah daerah. Mulai dari bertemu dengan tokoh parpol, tokoh agama, relawan sampai masyarakat di berbagai daerah.

Hari ini, Anies rencananya akan terbang ke Medan, Sumatera Utara. Di sana, Anies  akan menggelar sejumlah agenda seperti mengunjungi Istana Maimun, konsolidasi dengan  relawan, dan bersilaturahmi dengan para tokoh. Rencana kunjungan Anies itu disampaikan di akun Instagram miliknya, kemarin. Ia pun menyampaikan  undangan terbuka untuk masyarakat Medan agar hadir.

"Mari kita sama-sama silaturahmi, konsolidasi. Insya Allah bisa memberi manfaat bagi semuanya. Manfaat bagi bangsa, manfaat bagi negara,” tulis Anies di akun Twitter @aniesbaswedan.

Wakil Ketua NasDem, Ahmad Ali mengatakan, Anies akan menemui 50 ribu relawan pendukungnya. Selain urusan politik, Anies juga diundang untuk menghadiri acara tabligh Tabligh Akbar dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Baca juga : Kampanye Cuci Tangan Masih Masif Digalakkan

Ketua DPP NasDem, Willy Aditya menjelaskan soal rencana Anies untuk berkunjung ke Istana Maimun. Kata dia, di Istana Maimun, Anies akan mendapat gelar adat dari kesultanan Deli. Setelah itu, barulah konsolidasi dengan relawan se-Sumut, pertemuan dengan tokoh agama, dan kelompok masyarakat serta aktivis mahasiswa.

Di acara ini, Anies akan didampingi Ketum NasDem Surya Paloh dan Ketua Bappilu NasDem Prananda Surya Paloh. “Sekitar 200 ribuan orang akan hadir terdiri dari banyak kelompok. Ini inisiatif dari teman-teman lokal se-Sumut yang sejauh ini bersimpati  pada pencalonan Pak Anies,” jelas Willy kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Sebelum terbang ke Medan, Anies sudah lebih dulu melakukan sosialisasi dan konsolidasi. Rabu lalu misalnya, Anies menghadiri acara kelompok relawan  yang menamakan diri IndonesiAnies dan  deklarasi di Jakarta Convention Centre.

Di akhir pekan, Anies terbang ke Solo, Jawa Tengah. Di kampung halaman Presiden Jokowi itu, Anies mengunjungi Pondok Pesantren Ar Raudhah, Pasar Kliwon, Solo, dan bertemu dengan Habib Novel Alaydrus. Sebelumnya, Anies juga terbang ke Balikpapan  untuk serah terima jabatan Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia atau APPSI.

Bagaimana dengan Ganjar? Sejak diberi sanksi teguran oleh DPP PDIP, Ganjar langsung mengerem ngomongin hal-hal yang berbau copras-capres. Kendati demikian, gubernur dua periode itu tetap masih aktif melakukan sosialisasi. Politisi PDIP itu terus bergerilya. Semua aktivitas itu dibagikan Ganjar lewat media sosial miliknya. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram hingga kanal YouTube miliknya.

Baca juga : Ganjar Jagoan Akar Rumput

Rabu lalu misalnya, Ganjar terbang ke Jakarta untuk menghadiri Dies Natalis ke-56 dan Wisuda Universitas Pancasila yang digelar di JCC. Di acara ini, Ganjar menyampaikan orasi ilmiah.

Kalau Ganjar banyak ngerem, tidak demikian dengan relawan pendukungnya. Relawan Ganjar makin aktif menggelar deklarasi di berbagai daerah. Hanya saja, di setiap deklarasi yang digelar relawan, Ganjar tak pernah hadir.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai, Anies memang sudah lebih leluasa setelah tak lagi jadi gubernur. Anies kini bisa melanglang buana ke berbagai daerah tanpa terbebani jabatan. "Tinggal apakah timnya jeli atau tidak memanfaatkan peluang ini. Atau bisa tidak membuat panggung untuk Anies," kata Hendri, saat dikontak Rakyat Merdeka, tadi malam.

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI ini mengatakan, keleluasaan Anies ini tentu saja akan berpengaruh pada elektabilitas.  Menurut dia, elektabilitas Ganjar saat ini  cenderung stagnan walau tetap yang paling tinggi. Sementara Anies walau perlahan ada peningkatan elektabilitas.

Persoalannya, kata dia, apakah keduanya  bisa nyapres atau tidak. "Ini yang belum tentu. Walau Anies sudah bersosialisasi tapi kan belum lengkap tiketnya. Karena hanya didukung NasDem. Ganjar juga sama," ungkapnya.

Baca juga : Ribuan Santri Dan Kyai Di Kabupaten Bandung Kompak Dukung Ganjar Presiden 2024

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menyampaikan hal serupa. Kata dia, naik turunnya elektabilitas tergantung kepada seberapa sering seseorang itu turun menyapa masyarakat. Makin sering menemui rakyat, makin naik elektabilitasnya.

Saat ini, Anies memang diuntungkan karena sudah bisa leluasa bersosialisasi. Anies sudah bisa bepergian ke berbagai daerah tanpa beban jabatannya. Sementara Ganjar tak bisa leluasa masih terhalang aturan partai. Meski begitu, Ujang menilai Ganjar masih terus bergerilya melakukan sosialisasi. Buktinya elektabilitasnya masih yang tertinggi di beberapa lembaga survei.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.