Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kini, Banjir Jakarta Sepi Yang Bully

Minggu, 6 November 2022 07:30 WIB
Petugas pemadam kebakaran bersama warga mengevakuasi korban banjir, di Petogogan, Jakarta Selatan, kemarin.
Petugas pemadam kebakaran bersama warga mengevakuasi korban banjir, di Petogogan, Jakarta Selatan, kemarin.

 Sebelumnya 
Kata dia, pihaknya mengerahkan personel gabungan untuk menyedot genangan dengan ketinggian 40 sampai 100 cm di wilayah tersebut. Beberapa ruas jalan yang tergenang itu antara lain Jalan Raya Fatmawati, Jalan RS Fatmawati Raya, Jalan Haji Nawi, dan Jalan Kirai.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan pihaknya mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengoordinasikan unsur terkait untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi. Koordinasi ini dilakukan bersama dengan para lurah dan camat setempat. “Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat,” ujar Isnawa.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta jajarannya agar bersiap menghadapi banjir. Ia menginstruksikan BPBD dan Dinas Perhubungan memberikan informasi awal titik-titik rawan banjir hingga kemacetan. Ia pun mengimbau warga agar bekerja dari rumah jika ada hujan lebat sehingga bisa mengurangi kemacetan.

Baca juga : APJII DKI Jakarta Konsep Diskusi Keamanan Siber NCC Berikutnya

Dunia maya yang biasanya rame kalau banjir datang, kemarin sepi-sepi aja. Tak ada musuh-musuh Anies yang selama ini paling kencang mengkritik banjir, menyerang Heru Budi. Kondisi ini membuat sejumlah warganet heran.

Aku @punokawan88 heran linimasa Twitter adem ayem meski video banjir Jakarta bertebaran. Kata dia, biasanya kalau Jakarta banjir dikit saja sudah ramai yang bersuara. “Tapi ini kok tumben Jakarta banjir gak ada yang bersuara? Kenapa ya?” tanyanya.

Akun @caspocher mencolek sejumlah akun yang biasa ramai menyoroti banjir Jakarta. Akun yang dicolek antara lain milik politisi PSI Guntur Romli, Yusuf Dimsum, dan Eko Kunthadi. “Kok pada diem,” ujarnya. “Kok sepi sih sekarang, biasanya banjir dikit langsung rame,” celetuk @pikiajah.

Baca juga : Koalisi Perubahan Jangan Layu Sebelum Berkembang

Ada juga akun yang menyoroti Heru Budi. Namun, nadanya datar saja. Akun @zahran2017 penasaran kenapa Pak Gubernur belum terlihat turun ke lapangan. “Gimana Pj Gubernur kok enggak turun sih,” ujarnya.

Sementara akun @auntychala menilai banjir kali ini cukup parah. Sebelumnya banjir cepat surut. Ia pun mempertanyakan politisi PSI yang biasa kritis saat banjir. “Sama Pak Heru gak berani ya?” tanyanya.

Politisi PSI, Dedek Prayudi lewat akun @Uki23 menjawab kenapa diam soal banjir. Kata dia, wajar bila di era Budi banjir masih terjadi. Sebab, selama 5 tahun ini, normalisasi sungai yang jadi salah satu solusi cegah banjir tidak dikerjakan oleh Anies Baswedan. “Pak Heru belum sebulan nanganin carut marut DKI. What do you expect,” tegasnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.