Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jateng Sabet Juara Pertama Railway Safety Awards 2022

Rabu, 16 November 2022 23:01 WIB
Provinsi Jawa Tengah menyabet juara pertama Railway Safety Awards 2022.
Provinsi Jawa Tengah menyabet juara pertama Railway Safety Awards 2022.

RM.id  Rakyat Merdeka - Provinsi Jawa Tengah menyabet juara pertama Railway Safety Awards 2022. 

Penghargaan itu merupakan apresiasi dari Kementerian Perhubungan bagi daerah yang ikut serta dalam pengamanan perlintasan sebidang perjalanan kereta api.

Penghargaan bertitel Abunawa Tama Sakatha Nirmala  (Anugerah Utama Perkeretaapian yang Berkeselamatan) itu diserahkan oleh Direktur Keselamatan Perkeretaapian, Edi Nursalam dikutip jatengprov.go.id pada Rabu (16/11). 

Sekretaris Dinas Perhubungan Jateng Syurya Deta Syafrie menerima penghargaan itu secara langsung, di Hotel The ZHM Premier Padang.

Baca juga : Tokoh Muda Keerom Imbau Para Pemuda Lawan Segala Bentuk Korupsi

Menurut Deta, sapaannya, penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi dari kinerja Pemprov Jateng. Ia mengatakan, Dishub Jateng senantiasa mengimplementasikan upaya menjaga keselamatan warga yang berada di sekitar perlintasan sebidang kereta api.

Hal itu diwujudkan dengan turut serta melengkapi perlintasan sebidang kereta api, dengan sarana keselamatan, rambu, Early Warning System, dan petugas jaga.

“Hingga saat ini kita sudah ada 20 petugas jaga lintasan dengan 25 titik perlintasan yang ada di jalan provinsi, di mana 24 di antaranya sudah berpalang pintu,” ungkapnya, melalui sambungan telepon.

Deta mengatakan, ajang Railway Safety Awards adalah gelaran yang perdana. Pada event itu, Jateng berada pada posisi teratas, tempat kedua adalah Provinsi Banten dan Jawa Timur berada di tempat ketiga.

Baca juga : Hajar Wakil China, Syabda Juara Malaysia International Series 2022

Sementara itu, Kabupaten Kendal meraih tempat kedua pada Railway Safety Awards 2022 kategori kabupaten/ kota.

Terkait petugas jaga lintasan, terang Syurya, Pemprov Jateng melalui Dishub senantiasa melakukan evaluasi. 

Selain itu, dinas juga memfasilitasi jika para petugas memerlukan perpanjangan sertifikasi. Ditambahkan, upaya Pemprov Jateng untuk menjaga keselamatan warga dan melancarkan perjalanan kereta api diwujudkan dengan pembuatan fly over.

“Untuk petugas, honor dari kita, rekrutmen dari kita hingga evaluasi dan (perpanjangan) sertifikasi. Upaya yang lain adalah dengan pembangunan Fly Over. Ganefo yang sudah selesai (dengan APBD Jateng) nantinya yang akan datang ada di Kroya Cilacap dan FO WIradesa Pekalongan, keduanya menggunakan dana APBN. Kalau underpass sudah ada di Solo dan Purwokerto,” urainya.

Baca juga : Ribka Haluk, Torehkan Sejarah Papua Tengah

Deta berharap, agar penghargaan ini menjadi pelecut untuk dapat berkarya.

“Kami juga terus mendorong ke pemerintah pusat agar hal ini dapat dijadikan sebagai layanan dasar, agar masyarakat mendapat pelayanan optimal,” pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.