Dark/Light Mode

Calonkan Ganjar Di Pilpres 2024, Suara Golkar Bisa Naik Jadi 17 Persen

Kamis, 17 November 2022 20:50 WIB
Hasil survei eksperimental Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) untuk melihat efek tokoh capres terhadap suara Partai Golkar. (Foto: Ist)
Hasil survei eksperimental Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) untuk melihat efek tokoh capres terhadap suara Partai Golkar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan survei eksperimental untuk melihat efek tokoh capres terhadap suara Partai Golkar. Hasilnya, suara Partai Golkar akan melonjak bila mengusung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. 

"Kalau Ganjar yang dicalonkan oleh Golkar, ada kenaikan cukup signifikan. Tadi dari 11 persen (elektabilitas Golkar) menjadi 17 persen. Itu berarti kurang lebih 6 persen kan (kenaikannya)," kata Pendiri SMRC, Saiful Mujani dikutip tayangan YouTube SMRC TV, Kamis (17/11). 

Metode eksperimental untuk menguji efek pencalonan presiden terhadap elektabilitas partai ini dilakukan dengan membagi responden secara acak ke dalam empat kelompok (kontrol, treatment 1, treatment 2, dan treatment 3). Setiap responden mendapat satu pertanyaan sesuai kelompoknya. 

Baca juga : Trump Vs DeSantis, Kawan Jadi Lawan?

Dalam variabel kontrol, Partai Golkar mendapatkan suara 11 persen dan berada di urutan ketiga setelah PDIP dan Gerindra. Survei eksperimental tersebut menggunakan sampel 267 dengan margin of error sekitar 6,1 persen. 

"Jadi Ganjar bisa menaikkan suara Golkar kalau Ganjar dicalonkan oleh Golkar," katanya. 

Oleh karena itu, Saiful mengatakan bahwa suara Ganjar sangat besar. Saiful menyebut Ganjar berpengaruh besar terhadap suara partai. 

Baca juga : Gus Halim: Kepala Desa Bisa Fokus Tunaikan Janji Kepada warga

"Ini sangat berarti, bahkan posisinya sekarang kalau Ganjar menjadi calon oleh Golkar, peta kekuatan partai politik berubah cukup besar," tuturnya. 

Dalam survei tersebut, Ganjar disandingkan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto dan Menteri BUMN Erick Thohir. Maka, pengaruh Ganjar Pranowo sangat penting untuk menaikkan Elektabilitas Partai Golkar jika diusung sebagai Capres 2024.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.