Dark/Light Mode

Ganjarist Apresiasi KTT G20, Sukses Jadi Yang Terbesar Sepanjang Sejarah

Sabtu, 19 November 2022 21:58 WIB
Sekretaris Jenderal Ganjarist, Kris Tjantra. (Foto: Istimewa)
Sekretaris Jenderal Ganjarist, Kris Tjantra. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koordinator Nasional (Kornas) Ganjarist mengapresiasi gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali yang berlangsung sukses dengan menghasilkan sejumlah deklarasi. Ganjarist juga memuji Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinilai sukses pimpin KTT G20.

"Kami mengapresiasi Indonesia yang sukses menjadi tuan rumah G-20 di Bali dan terbesar sepanjang sejarah. Presiden Jokowi telah sukses memimpin G20 sehingga mampu menghadirkan hampir seluruh pemimpin negara yang berkomitmen menyisihkan perbedaan untuk menghadirkan sesuatu yang konkret bagi dunia," ujar Sekretaris Jenderal Ganjarist, Kris Tjantra, di Jakarta, Sabtu (19/11).

Menurutnya, di tengah kondisi geopolitik yang memanas dan kubu-kubu keberpihakan sejumlah negara, Indonesia telah menunjukkan tajinya mengingat sejumlah pimpinan negara besar menghadiri KTT G20.

Baca juga : Tanggapi Hasil KTT G20, Prodi HI Unas Gelar Seminar Nasional

"Kita juga telah menyaksikan efek luar biasa dari KTT G20 ini, misalnya bagaimana Presiden China dengan Presiden Amerika Serikat melakukan pertemuan tatap muka pertama kali sejak Biden menjabat. Pertemuan yang memakan waktu tiga jam ini digelar di Bali, sehari sebelum KTT G20 dibuka," paparnya.

Selain itu, lanjut Kris, suksesnya G20 itu terlihat pula dari respon kepala negara yang melontarkan pujian kepada Presiden Jokowi dan pelaksanaan KTT G20.

Sejumlah presiden atau kepala negara menyampaikan pernyataan tersebut melalui konferensi pers ataupun media sosial.

Baca juga : Calonkan Ganjar Di Pilpres 2024, Suara Golkar Bisa Naik Jadi 17 Persen

Dia melihat setelah pelaksanaan G20, para pemimpin negara merasa puas dan mengapresiasi Indonesia. Para pemimpin negara pun menyampaikan betah di Bali dan berterima kasih atas keramahan tuan rumah.

"Ini bukti bahwa di bawah kepemimpinan Pak Jokowi, Indonesia memiliki magnet yang kuat bagi dunia," tegasnya.

"Begitu juga yang dihasilkan pada G20 akan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Serta mampu menaikkan perekonomian Indonesia ke depan," pungkas relawan pendukung Ganjar Pranowo itu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.