Dark/Light Mode

PPAD Sumbang Ratusan Ribu Bibit Tanaman Untuk IKN

Selasa, 22 November 2022 16:13 WIB
Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI-Angkatan Darat (PPAD) Doni Monardo menyerahkan bibit pohon untuk IKN ke Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Ist)
Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI-Angkatan Darat (PPAD) Doni Monardo menyerahkan bibit pohon untuk IKN ke Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah lembaga berkolaborasi menyumbangkan bibit-bibit pohon di bawah koordinasi Persatuan Purnawirawan TNI-Angkatan Darat (PPAD) untuk melakukan penghijauan di lokasi Ibu Kota Negara (IKN),

Ratusan ribu bibit aneka pohon diserahkan kepada Menteri PUPR, Basuki Hadimulyo mewakili Pemerintah, Senin (21/11).

Para pihak yang bergotong-royong menyumbangkan bibit-bibit pohon itu di antaranya, MIND ID. Mining Industry Indonesia (MIND ID) adalah BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia beranggotakan PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk.

Baca juga : Purnawirawan TNI AD Serahkan 141.400 Bibit Tanaman Ke PUPR Untuk Ditanam di IKN

Lembaga lain adalah Indika Group. Indika Group didirikan 1968 merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang media, peralatan, properti, pertambangan, dan infrastruktur. Member Indika Group di antaranya Indika Energy dan Indika Nature.

Pihak yang juga memberikan dukungan adalah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, di bawah Ketua Umum Arsjad Rasjid. Kolaborasi ini juga melibatkan Mabes TNI dan TNI AD.

Serah terima bibit pohon dilakukan di bilangan Jatikarya, Kota Bekasi. Turut menyaksikan momen bersejarah itu antara lain, Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, Direktur Hubungan Antarlembaga MIND ID Danny Amrul Ichdan, Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, Vice President Director and Group CEO Indika Energy Azis Armand dan CEO Indika Nature Leonardus Herwindo.

Baca juga : BPAGK Kukar Ajak Rakyat Kaltim Dukung IKN

Sementara, Basuki hadir ke lokasi kebun bibit, didampingi Sekjen Mohammad Zainal Fatah, dan para Dirjen serta pejabat setingkat eselon I lain. Mereka datang bersama naik minibus PUPR.

Setiba di lokasi, Ketua Umum PPAD Doni Monardo langsung mengajak rombongan tour kebun bibit. Doni memperlihatkan 65 jenis pohon yang akan disumbangkan untuk menghijaukan IKN. Satu per satu dijelaskan oleh Doni, nama pohon, asal-usul pohon, karakter pohon. Bahkan terhadap satu jenis pohon yang dipercaya memiliki khasiat tertentu, atau mitos tertentu. Urusan pohon Doni memang hafal luar kepala.

Di tengah tur, tiba-tiba Basuki meng-cut. “Sebentar pak Doni. Tadi mana pak Iwan, yang pakar pohon dari IPB?” Dr Ir Iwan Hilwan pun maju mendekat, “Saya, pak Menteri”. 

Baca juga : Ratusan Ribu Keluarga Di Manado Terbantu BLT BBM

“Saya mau tanya, jawab dengan jujur. Benar atau tidak, semua penjelasan pak Doni tentang pohon-pohon tadi…,” tanya Basuki dengen mimik lucu. Anggota rombongan semua tertawa.

Iwan menjawab, “Semua benar, pak Menteri.”

Giliran Basuki yang tertawa lebar. “Itulah hebatnya pak Doni, meski lulusan AKABRI …. Dia bisa hafal betul nama-nama pohon, karakter, bahkan asal-usulnya,” kata Menteri Basuki, disambut tepuk tangan rombongan yang hadir.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.