Dark/Light Mode

Safari Politik Ke Sumatera

Anies Jualan Rekam Jejak Ketimbang Gimmick Politik

Rabu, 30 November 2022 07:40 WIB
Bancapres NasDem Anies Baswedan. (Foto: Facebook)
Bancapres NasDem Anies Baswedan. (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Temuan terbaru survei Voxpol Center Research and Consulting yang dilakukan November 2022 menunjukkan, ada perbedaan mencolok karakter pemilih antara Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Diterangkan, pemilih Anies memilih berdasarkan alasan ra­sional dengan melihat prestasi dan kinerja. Sedangkan pemilih Ganjar dipilih berdasarkan ala­san sosiologis di mana sosok pemimpin yang dekat dengan rakyat menjadi pertimbangan utama. Untuk Prabowo dipilih karena faktor psikologis, sikap tegas pemimpin menjadi per­timbangan utama. “Saat ditanya alasan memilih Anies, 21,2 persen menjawab Anies adalah gubernur berprestasi,” kata Pangi.

Baca juga : Mengutamakan Pemimpin Adil

Segmen pemilih rasional, kata dia, menentukan pilihan politiknya atas dasar pertimbangan integritas, kapasitas, dan kompetensi. Dalam kaitan sosialisasi, untuk melakukan penilaian terhadap kandidat, pemilih harus memiliki informasi rekam jejak kandidat di masa lalu dan proyeksi di masa depan.

“Sajikan cerita kesuksesan. Sekaligus tawarkan apa yang dapat dilakukan. Artinya, proyeksi masa depan dan evaluasi atas rekam jejak kandidat men­jadi poin penting,” sarannya.

Baca juga : Moeldoko Disukai Publik Karena Rekam Jejak Jelas Dan Humanis

Oleh karena itu, Capres yang berprestasi menjadi pilihan pal­ing objektif di segmen pemilih rasional. Namun, diingatkan, janji politik yang sifatnya wacana dan sebatas angan-angan, sangat tidak relevan mempengaruhi pemilih rasional.

“Pemilih rasional yang jumlahnya massif pada 2024, pe­milih pemula, lebih percaya bukti ketimbang janji. Jadi, 2024, jadi pertarungan kandidat yang punya rekam jejak dan prestasi. Rekam jejak ini akan lebih mudah untuk dikapitalisasi di pemilu kali ini. Sudah bukan lagi isu identitas dan gimmick pemimpin merakyat,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.