Dark/Light Mode

425 Ribu Masyarakat & Komunitas Di Jateng dan DIY Terliterasi Digital Di Juni - November 2022

Rabu, 30 November 2022 12:09 WIB
Foto: Dok. Kemenkominfo
Foto: Dok. Kemenkominfo

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka kampanye Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Kegiatan Literasi Digital secara Hybrid di Ballroom Hotel Sahid, Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Adapun tema yang diangkat adalah “Literasi Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Indonesia Makin Cakap Digital”yang dihadiri lebih dari 500 peserta secara luring dan 2000 peserta secara daring dari berbagai komunitas di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga : Dukung Komunitas IT, Niagahoster Edukasikan Digital Marketing

Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan literasi digital yang telah dilaksanakan di provinsi Jawa Tengah dan DIY sepanjang tahun 2022.

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3,49 dari 5,00.

Baca juga : AMI Minta Masyarakat Internasional Beri Perhatian Ke Etnis Uighur

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan program literasi digital yang berisi berbagai kegiatan edukatif baik secara daring, luring dan hybrid dengan materi yang didasarkan pada empat pilar utama literasi digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai daerah yang menjadi target program literasi digital telah menjangkau 425.000 orang dari komunitas dan kelompok masyarakat sejak bulan Juli hingga November tahun 2022.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.