Dark/Light Mode

Bahas Konsep Bisnis Digital

Kominfo Kembali Gelar Webinar Literasi Digital Di Sumatera

Jumat, 30 September 2022 19:54 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate. (Foto: Zoom)
Menkominfo Johnny G. Plate. (Foto: Zoom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama gerakan siberkreasi kembali menggelar webinar literasi digital di wilayah Sumatera dengan tema, Konsep Bisnis Digital: Manajemen Katalog Produk Online.

Webinar yang terbuka untuk umum ini dihadiri lebih dari 1.300 orang dan menghadirkan tiga praktisi digital sebagai narasumber.

Yakni Fikri Andhika, Program Director Next Generation Indonesia; Oktora Irahadi, Ketua Divisi Kemitraan SIberkreasi dan Julita Hazelina, Komite Edukasi Mafindo.

Baca juga : Kominfo Dan Siberkreasi Terus Galakkan Program Literasi Digital Di Sumatera

Dalam webinar, Oktora Irahadi membahas mengenai konsep manajemen katalog produk online ditinjau dari perspektif cakap digital. Menurutnya, ada 4 tips yang harus diketahui untuk melakukan pemasaran berbasis e-commerce ads.

"Pertama, pastikan Anda sudah membuat toko online. Kedua, tentukan target pasar Anda. Ketiga, gunakan kampanye yang terstruktur. Terakhir, selalu lakukan evaluasi,” papar Oktora Irahadi, Jumat (30/9). 

Fikri Andhika memperkaya pembahasan mengenai konsep manajemen katalog produk online ditinjau dari perspektif etis digital. Dia bilang, qda tiga etika dasar yang harus diperhatikan masyarakat dalam mengelola katalog produk.

Baca juga : Phapros Mantapkan Komitmen Bangun Generasi Digital Bebas Stunting

Pertama, hindari mencantumkan berita palsu. Kedua, informasikan deskripsi produk secara jelas dan baik. "Ketiga, gunakan foto produk yang asli," ujarnya.

Sementara Julita Hazelina melengkapi pembahasan mengenai konsep manajemen katalog produk online ditinjau dari perspektif pilar aman digital. Agar aman dan nyaman melakukan pengelolaan katalog produk.

Julita menyampaikan agar kita selalu memberikan watermark pada foto produk yang dipasarkan.

Baca juga : Kemenkominfo Bagikan Tips Bisnis Digital Di Sumatera

"Kedua, amankan admin panel dan server serta gunakan password yang kuat dan ganti password secara berkala. Terakhir, edukasi tim kerja e-commerce untuk tidak sembarangan men-download file, mengklik link atau mengakses website dan juga berhati hati saat memakai wifi publik," papar Julita Hazelina.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.