Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Besok, Presiden Akan Serahkan Jutaan Sertipikat Tanah Program PTSL

Rabu, 30 November 2022 23:01 WIB
Masyarakat mendapat sertipikat tanah gratis dari pemerintah.
Masyarakat mendapat sertipikat tanah gratis dari pemerintah.

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo direncanakan menyerahkan sertipikat tanah kepada masyarakat secara virtual di 33 provinsi di Indonesia di Istana Negara Jakarta, pada Kamis (1/12).

Sertipikat yang diserahkan merupakan hasil dari Program Strategis Nasional (PSN) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

"Sertipikat yang diserahkan merupakan hasil program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, red),  Redistribusi tanah, dan hasil penyelesaian konflik pertanahan," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati saat memberikan keterangan, pada Rabu (30/11)

Baca juga : Laksamana Yudo Pensiun Tahun Depan

Terdapat 1.432.751 sertipikat hasil PTSL dan 119.699 sertipikat redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat. 

Sertipikat tersebut akan diserahkan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo bersama Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto kepada beberapa perwakilan masyarakat di Istana Negara serta diikuti secara daring dan serentak oleh masing-masing Provinsi

"Kegiatan ini bagian dari proses percepatan pendaftaran tanah di Indonesia melalui PTSL dan penyerahan sertipikat tanah hasil Redistribusi juga merupakan momentum yang sangat penting, selain untuk mendapatkan kepastian hukum, sertipikat ini diharapkan akan menjadi stimulus dalam pemulihan ekonomi khususnya pasca pandemi Covid-19, " ujar Yulia.

Baca juga : Presiden Lantik Utusan Khusus Pengetasan Kemiskinan Dan Ketahanan Pangan

Diantara sertipikat yang nanti akan diserahkan, terdapat sertipikat hasil penyelesaian konflik pertanahan di beberapa wilayah. Seperti penyelesaian konflik Suku Anak Dałam (SAD) 113 di Provinsi Jambi yang sudah berlangsung selama 35 tahun.

Untuk kegiatan di Istana rencananya akan dihadirkan 120 orang penerima sertipikat ke hadapan Presiden. 

“112 orang penerima sertipikat PTSL yang dihadirkan berasal dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten, 6 Masyarakat penerima sertipikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria berasal dari Kabupaten Gresik, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Cianjur, serta 2 orang penerima sertipikat hasil penyelesaian konflik SAD 113 yang berasal dari Provinsi Jambi,” ungkap Yulia.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.