Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PMJ dan Relawan SiapBergerak Bantu Korban Gempa Cianjur Nonstop 24 Jam

Minggu, 4 Desember 2022 08:29 WIB
Tim Polda Metro Jaya (PMJ) bersama Relawan SiapBergerak membantu korban gempa Cianjur. (Foto: Dok. TMJ)
Tim Polda Metro Jaya (PMJ) bersama Relawan SiapBergerak membantu korban gempa Cianjur. (Foto: Dok. TMJ)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Polda Metro Jaya (PMJ) bersama Relawan SiapBergerak membantu korban gempa Cianjur secara nonstop 24 jam per hari. Bertempat di Posko Bakti PMJ di RS Bhayangkara Cianjur, Polda Metro Jaya menurunkan tim Bidokkes, Brimob, dan Relawan SiapBergerak, yang berfokus pada memobilisasi korban di kawasan terisolasi ke UGD, perawatan korban gempa di daerah pengungsian terisolasi, pemberian bantuan kemanusiaan, pembagian makanan kepada petugas kesehatan di berbagai rumah sakit di Cianjur, pasien, keluarga pasien dan posko-posko pengungsian.

Wakil Ketua Pokja Bakti PMJ Cianjur Iver Mannosoh menerangkan, Tim Brimob yang dipimpin langsung Wakil Komandan Satuan Brimob Bhakti Suhendarwan, dengan kekuatan 25 personil, mengoperasikan dua truk dapur umum, 16 motor trail, dan mengelola ratusan paket bantuan melayani petugas kesehatan serta para korban dan pengungsi selama 24 jam penuh. Tim Brimob setiap harinya memasak bahan makanan segar dengan berbelanja pada pukul 20.00 malam, lalu mulai memasak pukul 03.30 pagi, menyiapkan makan pagi, siang dan malam.

Baca juga : BMKG: Beda Sumber, Gempa Garut Tak Terkait Gempa Cianjur

“Menu untuk ketiga waktu tersebut, semuanya berbeda-beda setiap hari dan setiap periode waktu. Semisal di pagi hari menu ayam goreng, tahu, capcay. Makan siang dengan menu telur semur, nugget, sosis, dan kerupuk. Makan malam dengan menu ikan tongkol balado, tumis tempe, kacang panjang dan pisang,” paparnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (4/12).

Ketua Operasional Relawan SiapBergerak Devie Rahmawati menambahkan, para relawan SiapBergerak mendampingi tim Brimob dalam menjemput warga yang berhari-hari masih belum tersentuh bantuan kesehatan maupun kebutuhan dasar makanan. Tantangan yang dihadapi para relawan SiapBergerak dan Brimob ialah lokasi yang jalurnya terputus. Untuk mengakses lokasi hanya dapat menggunakan motor trail di jalur menanjak dan curam, di sisi kanan-kiri diapit oleh jurang, serta hanya dapat dilalui satu buah motor.

Baca juga : Relawan Pendukung Ganjar Bangun MCK Untuk Penyintas Gempa Cianjur

“Pada titik tertentu, motor pun sudah tidak dapat mencapai tempat, sehingga relawan dan Brimob harus berjalan kaki sedikitnya 1-2 kilometer untuk memeriksa kondisi warga. Tidak jarang korban harus digendong menuju motor trail, lalu baru dibawa ke lokasi ambulans berada,” terangnya.

Kaposko Relawan PMJ Supriyanto menerangkan, para relawan SiapBergerak juga membantu tim Brimob untuk bolak-balik membawa suplai sembako yang terdiri atas beras, mie instan, air mineral ke desa-desa terisolasi dari kendaraan seperti mobil bahkan motor. Para korban selain harus tinggal di luar rumah yang sudah roboh akibat gempa, tidak lagi memiliki tempat berlindung. “Sebagian besar warga terindikasi mengalami gangguan kesehatan seperti fraktur humerus, ISPA, myalgia, chepalgia, hipertensi, alergi hingga gatal-gatal,” ujarnya.

Baca juga : Ganjar Muda Indonesia Terjun Langsung Salurkan Bantuan Gempa Cianjur

Tim Brimob memastikan, relawan SiapBergerak untuk mampu menjangkau banyak korban yang belum tersentuh bantuan dengan menginjeksi vitamin, skrining tensi darah, pembagian obat, yang semuanya diberikan secara gratis. Brimob sering kali harus meyakinkan warga yang memilih tetap tinggal di daerah terisolasi karena sudah sebatang kara ataupun merasa khawatir karena tidak memiliki biaya untuk bertahan di pengungsian atau ketika dirawat.

“Posko Polda Metro Jaya sudah memastikan bahwa pengungsi akan terjamin kebutuhan pangan, termasuk kebersihan diri seperti toilet dan air mineral, yang semuanya sudah disiapkan dengan cuma-cuma oleh Polda Metro Jaya,” tutup Iver Mannosoh.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.