Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Bantu Korban Gempa Cianjur, Anak Muda SRE Berikan Lampu Tenaga Surya

Sabtu, 3 Desember 2022 09:44 WIB
Penggagas Society of Renewable Energy (SRE)  Zagy Yakana Berian (kiri atas) dan anggota SRE menyerahkan lampu tenaga surya untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat. (Foto: Ist)
Penggagas Society of Renewable Energy (SRE) Zagy Yakana Berian (kiri atas) dan anggota SRE menyerahkan lampu tenaga surya untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekelompok anak muda dari jejaring Society of Renewable Energy (SRE) menggalang dana untuk membantu Cianjur, Jawa Barat. Uniknya, dana tersebut tidak hanya dibelikan untuk sembako saja, tetapi untuk Lampu Tenaga Surya.

“Selain sandang, pangan, dan papan hal yang dibutuhkan lagi adalah energi. Kami melihat malam hari banyak posko yang masih memerlukan penerangan. Hal tersebut dikarenakan posko pengungsian jauh dari akses listrik” ujar Zagy Yakana Berian, penggagas SRE.

Baca juga : Kurikulum Bencana Harus Dimasukkan RUU Sisdiknas

Dengan jejaring mahasiswa yang tersebar di 40 Kampus dari hanya di Institut Teknologi Bandung (ITB) saja, kali ini SRE dari Universitas Telkom dan ITB yang turun langsung memberikan bantuan dan berkolaborasi dengan masyarakat dalam membangun infrastruktur sederhana. Proses pemasangan dilakukan di malam hari untuk mengetahui titik yang membutuhkan penerangan pada Kamis (1/12) malam. Diantaranya posko yang terletak di Mekarsari, Cianjur.

“Teknologinya sederhana, apalagi tiang nya dari kayu yang mudah didapat di lokasi membuat masyarakat mudah juga membantu dan merawat sistem tersebut. Kami membuat desain nya portable agar dapat di mobilisasi kemudian hari sesuai kebutuhan masyarakat. Kami juga mengedukasi masyarakat dalam proses pemasangan dan manfaat dari energi surya yang bersih juga terbarukan” ujar Zagy

Baca juga : Satu Jenazah Korban Gempa Cianjur Kembali Teridentifikasi DVI Polri

Kegiatan sosial membantu korban gempa Cianjur juga dilakukan untuk memberikan edukasi sosial energi bersih dan terbarukan dari Matahari. Khairul Rizki, ketua SRE Universitas Telkom yang membawa 12 temannya mengatakan dalam proses pemasangan, masyarakat sangat antusias dalam membantunya. Titik yang dipilih diantara lain akses menuju toilet, halaman belakang tenda, dan pos yang digunakan untuk berjaga saat malam oleh masyarakat setempat. Dalam satu posko, lampu yang diberikan idealnya 7-12 sesuai area dari posko tersebut.

Anak muda yang notabene nya adalah mahasiswa ini, juga memasang dibeberapa titik posko milik KBUMN dan juga KESDM. Hal tersebut disambut baik terlebih manfaatnya sangat terasa. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari publik, SRE terus menginformasikan kepada publik terkait penyaluran bantuan dan masih membuka bantuan untuk beberapa lokasi lainnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.