Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ngunduh Mantu Kaesang-Erina, Warganet Salut Sama Stamina Jokowi

Minggu, 11 Desember 2022 14:02 WIB
Presiden Jokowi dan keluarga menerima ucapan selamat para tamu atas pernikahan Kaesang Pangarep,dengan Erina Gudono, Tampak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan ucapan selamat. (Foto: Twitter Ganjar)
Presiden Jokowi dan keluarga menerima ucapan selamat para tamu atas pernikahan Kaesang Pangarep,dengan Erina Gudono, Tampak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan ucapan selamat. (Foto: Twitter Ganjar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prosesi pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono, masih berlanjut. Setelah prosesi akad nikah, Sabtu (10/12), hari ini Presiden Jokowi menggelar prosesi acara ngunduh mantu di Loji Gandrung, Solo.

Dalam acara ngunduh mantu ini, Kaesang dan Erina memakai Pakaian Dodotan Adat Jawa. Dodotan merupakan simbol pakaian orang Jawa, dengan memakai dodot atau kampuh, sikepan besar dan kuluk. Sedangkan Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana, dan keluarga serta keluarga Erina memakai pakaian adat Jawi jangkep biru, yang terbuat dari kain bludru.

Acara ini dihadiri pejabat pemerintah, artis, hingga relawan. Salah satunya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam akun Instagram @ganjar_pranowo, Ganjar turut mengucapkan selamat kepada Kaesang dan Erina.

Baca juga : Jokowi Bahagia Banget

“Selamat menerima tanggung jawab hidup yang baru untuk Mas @kaesangp dan Mbak @erinagudono. Karena urusan cinta dalam berkeluarga adalah soal menjalankan tanggung jawab. Insya Allah bahagia dunia sampai akhirat,” tulis Ganjar.

Ngunduh mantu dan tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina ini ditayangkan langsung di YouTube Presiden Joko Widodo. Dalam tayangan, terlihat antrean para tamu yang hendak naik ke pelamin. Mereka tampak antusias untuk bersalaman dan mendoakan kedua mempelai yang didampingi keluarga.

Dengan senyum ramah, Presiden Jokowi dan Iriana menyambut dan menyalami tamu. Bahkan mempersilakan sejumlah tamu yang ingin mengabadikan momen tersebut dengan ponsel atau kamera yang disiapkan. Sementara Sofiatun Gudono, ibunda Erina, tampak duduk di kursi saat menyambut tamu di pelaminan. Erina juga sesekali terlihat duduk.

Baca juga : Berkah! Tasyakuran Kaesang-Erina, Masyarakat Solo Ngaku Pendapatannya Meningkat

Tayang selama 6 jam, video tersebut ditonton 526.921 kali dan dibanjiri sejumlah komentar warganet. “Semoga Allah memberkahi kamu berdua,” tulis akun @achmadnabbani sambil menyematkan doa untuk kedua mempelai dalam bahasa Arab. “Pingin nyicipin cateringnya,” canda @SanNafiwaduh.

Selain itu, ada juga yang menyoroti banyaknya tamu yang datang dan antre untuk bersalaman. “Duh gila, sudah kaya orang tawaf,” tulis @Karniti. “Padahal di undangan acara resepsinya masih sampai jam 9 malam. Allahu akbar, gimana capeknya,” tulis @FifiCell.

“Pak De dan sekeluarga langsung ke tukang urut,” canda @Bid368. “Pak Jokowi vitaminnya apa ya? Kayak nggak kelihatan capek, padahal pengantinnya malah sudah keliatan capek,” ujar @Erlin.

Baca juga : Mas Kawin Rp 300 Ribu, Kaesang-Erina Sah Jadi Suami Istri

“Kaesang sudah terlihat capek. Pak Jokowi masih bisa senyum-senyum sambil sesekali berbincang. Sehat selalu Pak Presiden,” sahut @TravellerKere. “Di sini ada tukang pijit hilangkan pegel seketika? Biar Kaesang nggak encok malamnya,” seloroh @Petok354.

”Ini salaman sampai malam, ini masih banyak,” ujar @IlhamOfficial. “Keren lah Pak Jokowi. Dibanding kerjanya dia yang muter-muter Indonesia, pasti salaman gini nggak capek,” kata @RiaDiana. “Bu Iriana baik banget ngajakin foto terus,” ujar @ErnaAgustia.

“Pak Jokowi suka minum jamu jadi staminanya mantap, pernah lihat di akun YouTube gitu,” sambut @NurHayatiHasanah.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.