Dark/Light Mode

Benarkah Ada Perkosaan Di Kasus Sambo, Y Pelakunya?

Senin, 12 Desember 2022 17:25 WIB
Ilustrasi: stock.adobe.com/sg
Ilustrasi: stock.adobe.com/sg

Reza Indragiri Amriel,

Anggota Pusat Kajian Assessment Warga Binaan Pemasyarakatan, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Kemenkumham, Konsultan Berbagai Program Diklat MA

RM.id  Rakyat Merdeka - Apa boleh buat; persidangan dengan agenda pemeriksaan dugaan kekerasan seksual memang harus tertutup. Tapi mari kita ingat-ingat kembali beberapa poin seputar dugaan kekerasan seksual itu, seperti yang terekspos pada sidang-sidang sebelumnya.

Baca juga : Wamenparekraf Angela Pacu Pemasaran Digital Fesyen RI Di Dunia Maya

FS menyebut istrinya diperkosa. Kita pahami perkosaan sebagai kejahatan yang berdampak sangat serius. Saking seriusnya, sebagian ilmuwan menggunakan istilah 'rape trauma syndrome' untuk membedakannya dengan post trauma stress disorder. Sebutan sespesifik itu dipakai sebagai penegasan, trauma akibat perkosaan memang berbeda dan lebih parah ketimbang trauma akibat kejadian-kejadian lainnya.

Kemudian, kata RR, PC mencari Yosua. Yosua lalu menghadap PC sesaat setelah ia disebut-sebut melakukan perkosaan.

Baca juga : 3 Tewas Dalam Penembakan Di Roma, Salah Satunya Teman PM Meloni

Tahap-tahap pulih dari trauma akibat kejahatan seksual; 1. Mengatasi perasaan takut; 2. Memulihkan ingatan; 3. Reconnecting to others.

Secepat itukah PC bisa langsung pulih dan melompat ke fase ketiga? Dan reconnecting to others itu adalah berinteraksi kembalil dengan orang yang ia sebut telah menjahatinya secara seksual beberapa menit sebelumnya! Ringkasnya, singkat sekali jeda waktu sejak momen PC diperkosa sampai kemudian PC mau bertemu lagi dengan pelaku perkosaan tersebut. Masuk akalkah?
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.