Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Top, Lapak Ganjar Bikin Produk Ribuan UMKM Laris Manis

Minggu, 18 Desember 2022 14:59 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendatangi pameran UMMM di Lantai 1 Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (17/12). (Foto: Ist)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendatangi pameran UMMM di Lantai 1 Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (17/12). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo membeberkan cara Pemprov Jateng membangkitkan geliat UMKM di Jateng. Ganjar setidaknya menyebut tiga hal, yakni Hetero Space, Lapak Ganjar, dan Belanja Produk Lokal.

Terkait Hetero Space, Ganjar menyebut ini adalah tempatnya pelaku UMKM untuk berdiskusi. Dengan diskusi, kata Ganjar, semua persoalan seperti produksi, packaging, hingga pemasaran bisa mendapat solusi.

"Kalau punya problem, datang ke hetero space dan seluruh problem-mu bisa didiskusikan bareng-bareng untuk kemudian bisa diselesaikan," kata Ganjar di Lantai 1 Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (17/12).

Baca juga : Prabowo Cek Kemampuan Produksi Amunisi Dan Gudang Pindad Di Malang

Sampai saat ini, Ganjar telah menginisiasi keberadaan tiga hetero space di Jateng. Satu di Kota Semarang, dua di Kota Surakarta atau Solo, dan tiga di Banyumas yang belum lama diresmikan. Di tiga tempat tersebut, pelaku UMKM juga diberi pelatihan.

Sementara Lapak Ganjar, mantan anggota DPR RI itu menyebut inisiasi tersebut merupakan salah satu solusi persoalan pemasaran produk UMKM. Dengan cara mempromosikannya di medsos, Ganjar mendorong agar produk UMKM laris terjual.

"Terus kalau Lapak Ganjar itu sebenarnya ekstrakulikuler saja, memanfaatkan medsos agar mereka bisa berjualan dan dikenal lebih banyak karena banyak 'Pak produk saya sebenarnya bagus tapi kok tidak laku-laku.' Ya nggak ada yang kenal, gimana," katanya.

Baca juga : Gaungkan Ganjar Presiden 2024, Ribuan Emak-Emak Di DKI Jakarta: Pemimpin Idola Kami

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM per Oktober 2022, sebanyak 2.882 UMKM di 112 kabupaten/kota telah dipasarkan Ganjar dan telah membantu menaikkan pejualannya. Tidak sedikit produk UMKM yang dipromosikan Ganjar dapat kesempatan ekspor.

Setelah itu, Ganjar menyebut cara lain Pemprov Jateng meningkatkan geliat UMKM adalah komitmen untuk membeli produk dari produsen lokal tersebut.

"Dengan cara apa? Umpama 40 persen dari APBN/APBD mesti dibelanjakan untuk produk UKM, itu bagus," katanya.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Berikan Bantuan Genset Dan Lampu Bagi Warga Di Muaro Jambi

Ganjar sendiri telah menganggarkan Rp 3,8 triliun dari APBD Jateng untuk belanja produk UMKM lokal. Ganjar mengatakan, hal itu menunjukkan komitmen Pemprov Jateng menggunakan produk dalam negeri berkisar 92,12 persen dari APBD Jateng per 30 September 2022.

Sebab itu, Ganjar menyebut potensi pelaku UMKM sangat besar. Ganjar berharap, ke depannya UMKM semakin menggeliat, sehingga perekonomian masyarakat bisa terus meningkat.

"Maka tadi 2023 ada pertanyaan 'kira-kira ekonominya lesu ngga ya, kira-kira UKM bisa hidup ngga ya'. Justru sebenarnya dengan potensi yang ada, dengan jumlah penduduk kita yang tinggi, kita bisa mendorong UKM kita mengisi slot-slot kosong" kata Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.