Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sering Pake Baju Adat, Ganjar Berhasil Jaring Dukungan Warga Desa Di Semarang

Senin, 28 November 2022 10:04 WIB
Ribuan warga dari berbagai desa di Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden, Minggu (27/11). Mereka adalah warga desa yang tergabung dalam jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) Kabupaten Semarang. (Foto: Ist)
Ribuan warga dari berbagai desa di Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden, Minggu (27/11). Mereka adalah warga desa yang tergabung dalam jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) Kabupaten Semarang. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ribuan warga dari berbagai desa di Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden. Mereka adalah warga desa yang tergabung dalam jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) Kabupaten Semarang.

Para relawan yakin bahwa Ganjar adalah sosok yang paling tepat memimpin bangsa. Ganjar dinilai memiliki beberapa kelebihan, salah satunya sangat peduli pada budaya bangsa.

Ketua Des Ganjar Kabupaten Semarang Ervin Evendi mengatakan, semangat melestarikan budaya selalu digelorakan oleh Ganjar saat memimpin Jawa Tengah. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, Ervin menyebut Ganjar kerap ikut menari saat adanya pertunjukan tari tradisional di wilayahnya. 

Baca juga : Perhatikan Seluruh Aspek Keselamatan

Kecintaan Ganjar pada budaya Indonesia pun tercermin dalam kebijakan yang dibuatnya. Misalnya, Ganjar mewajibkan seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Jateng untuk mengenakan pakaian adat nusantara ketika bekerja pada Hari Kamis. Langkah itu kemudian diikuti oleh beberapa daerah yang juga menerapkan kebijakan serupa.

"Ada teladan dari Pak Ganjar Pranowo. Beliau memberi contoh kepada kita, yakni setiap satu pekan (Kamis) sekali beliau mengajarkan kita untuk memakai seragam adat. Itu menjadi salah satu motivasi kita untuk selalu menjaga budaya kita agar menjadi negara yang kuat," kata Ervin, Minggu (27/11). 

Hal ini menjadi inspirasi dan latar belakang bagi para relawan Des Ganjar yang menyelenggarakan acara kesenian berupa pentas kuda lumping di Desa Bergas Kidul, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Para penampil merupakan pelaku seni dari berbagai paguyuban kuda lumping di Kabupaten Semarang. 

Baca juga : Sorakan Ganjar Presiden Menggema Dari Ribuan Milenial Di Lampung Timur

Ervin menyebut, pentas kuda lumping tersebut digelar juga untuk melestarikan budaya warisan leluhur. Menurut dia, hal itu sangat penting dilakukan karena saat ini Indonesia banyak mengalami gempuran budaya asing yang menggerus nilai-nilai budaya lokal.

"Acara ini kita selenggarakan untuk menguri-uri budaya Jawa Tengah, karena masyarakat Jawa Tengah berkomitmen untuk menjaga jati diri kita sebagai warga Jawa Tengah yang berbudaya dan menjadi negara yang kuat," katanya.

Lewat pentas kuda lumping tersebut, para relawan Des Ganjar juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bisa memilih pemimpin yang memiliki perhatian tinggi pada budaya. Ganjar pun diyakini para relawan adalah yang memenuhi kriteria tersebut. 

Baca juga : Erick Thohir Didukung KAHMI Muda Jadi Wapres 2024

"Harapan kami adalah ketika nanti Ganjar Pranowo baik saat menjalankan tugas di Jawa Tengah maupun harapan kami ketika menjadi presiden, beliau terus mendukung kami dalam melestarikan kebudayaan Jawa Tengah khususnya kuda lumping," pungkas Ervin. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.