Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar Pranowo Jadi Nama Bunga Anggrek, Simbolkan Cinta Hingga Keindahan

Senin, 19 Desember 2022 13:51 WIB
Dendrobium Ganjar Pranowo, anggrek merah bersertifikat resmi dari The Royal Holticulrural Society Inggris. (Foto: Ist)
Dendrobium Ganjar Pranowo, anggrek merah bersertifikat resmi dari The Royal Holticulrural Society Inggris. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo termaktub dalam sebutan bunga anggrek. Adalah Dendrobium Ganjar Pranowo, anggrek merah bersertifikat resmi dari The Royal Holticulrural Society Inggris.

Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Orchid Yopi Khan mengatakan, Dendrobium Ganjar Pranowo merupakan silangan dari anggrek jenis Den Danish dengan Den Kraikan Sirirungsi. Jenis baru dari kedua bunga ini menyimbolkan cinta, kemewahan dan keindahan.

Baca juga : Momen Langka, Ganjar Pranowo Didaulat Bimbim Cs Bacakan 13 Ajaran Nggak Sempurna Slankers

Yopi menuturkan, pihaknya sudah sejak 2018 melakukan penyilangan jenis anggrek. Yopi menyebut saat ini anggrek-anggrek itu telah berbunga.

"Sekarang sudah berbunga. Dan bunga itu sudah kami daftarkan di society holticulture di Inggris. Nah, pada tahun ini, kami bisa mendaftarkan lima anggrek silangan kami," ujarnya di sela Rakernas Kagama di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), DIY.

Baca juga : Ganjar Pranowo: Nilai Budaya Bisa Berkontribusi Selesaikan Persoalan

Yopi mengatakan, satu di antara lima anggrek tersebut didedikasikan untuk Ganjar Pranowo. Sementara empat lainnya untuk mantan Rektor UGM.

"Yang empat itu untuk mantan-mantan rektor kami. Nah, Kagama Orchid itu secara struktural ada di PP Kagama, maka kami juga mendedikasikan satu ini untuk ketua PP Kagama kami yang kebetulan adalah Pak Ganjar Pranowo," ungkapnya.

Baca juga : Takjub, Ganjar Pranowo Satukan Raja Se-Nusantara Di Borobudur

Yopi menjelaskan, anggrek Dendrabium Ganjar Pranowo dipilih dari anggrek pilihan untuk silangan. Bunga ditanam oleh petani anggrek di Batu dan Malang.

"Warna bunganya ini merah. Tanpa mempunyai tendensi apa-apa, tapi yang keluar nuansanya merah. Jadi memang nanti tetap kita kembangkan, kita sebarkan sebagai bagian koleksi di Indonesia," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.