Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar Pranowo: Nilai Budaya Bisa Berkontribusi Selesaikan Persoalan

Senin, 12 Desember 2022 14:34 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri Festival Adat Budaya Nusantara II di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang berlangsung meriah Sabtu (10/12).

Pawai Karnaval Budaya tersebut diikuti berbagai komunitas masyarakat dan seniman dari berbagai daerah. Festival Adat Budaya Nusantara II yang diselenggarakan Masyarakat Adat Nusantara (Matra) ini telah dimulai sejak hari Jumat (9/12) dengan berbagai atraksi budaya.

Berbagai kesenian dari berbagai daerah ditampilkan dalam kemasan megah di pelataran Candi Borobudur. Acara itu dihadiri 264 kerajaan dan lembaga adat, dari sabang sampai merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Baca juga : Relawan Ganjar Pranowo Gelar Festival Kuliner Nelayan Bersama Masyarakat Parepare

Pada sambutannya, Gubernur Jawa Tengah menyampaikan rasa terima kasih karena provinsinya dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan festival ini.

"Tentu, berterima kasih atas kehadirannya, ini sebagai bentuk komitmen bersama dalam menjaga cita-cita leluhur," ungkapnya.

Selain drama kolosal yang melibatkan sejumlah kesenian dari berbagai daerah, acara juga menampilkan beragam kesenian mulai dari Tari Bali, Reog hingga Topeng Ireng dan lainnya.

Baca juga : Humpuss Berkontribusi Besar Wujudkan Indonesia Poros Maritim Dunia

Beberapa kerajaan dari negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Jepang, juga turut hadir dalam acara ini.

"Mereka (para raja) hadir mengadakan acara festival menunjukkan karya seni dan budaya. Itu juga menunjukkan kepada dunia bahwa kita negara yang punya kepribadian dan kekayaan seni budaya yang sangat luar biasa," ujarnya.

Agar aset budaya bisa lebih terjamin kelestariannya dan hak kepemilikannya, Gubernur mengajak kerajaan-kerajaan nusantara untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi melakukan inventarisir budaya-budaya di daerahnya.

Baca juga : Berkat Ganjar Pranowo, Anak Kudus Bisa Kerja Di Jepang

"Perlu ada pendataan dan juga kerja sama dengan perguruan tinggi terkait dengan teorinya," imbuhnya.

Pada penyelenggaraan Festival Adat Budaya Nusantara II tersebut, para raja-raja nusantara juga mendeklarasikan komitmen untuk mempertahankan NKRI yang berdasar Pancasila.

"Dan mereka siap berkontribusi untuk membangun. Banyak persoalan politik kalau tidak bisa selesai, kadang seni dan kebudayaan dan seni bisa menyelesaikannya. Ke depan nilai-nilai budaya yang masih hidup dan berkembang di tiap daerah bisa dikontribusikan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan, nasional atau regional, atau lokal," terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.