Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kembangkan Domba Batur Di Dieng, Ganjar Kolaborasikan Peternak Dan Perguruan Tinggi

Senin, 19 Desember 2022 16:43 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengolaborasikan peternak dan perguruan tinggi untuk mengembangkan domba batur di kawasan Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jateng. Para peternak mendapatkan pendampingan dari sejumlah perguruan tinggi.

"Peternak didampingi salah satunya IPB dan hasilnya bagus. Kandungan dagingnya sudah dianalisa oleh IPB (Institut Pertanian Bogor)," ujar Ganjar di Pendopo Soeharto Whitlam, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jateng, Kamis (15/12).

Ganjar mengatakan, dengan pendampingan tersebut, para peternak mulai beternak secara modern. Salah satunya dengan praktik Inseminasi Buatan (IB).

Baca juga : Sambil Kampanye, Sahabat Ganjar Lestarikan Kesenian Budaya

Adapun, IB adalah proses memasukkan sperma yang dicairkan dari ternak jantan unggul ke dalam saluran alat reproduksi betina. Proses ini mampu meningkatkan mutu genetik hewan ternak dalam waktu singkat dan menghasilkan anakkan berkualitas dalam jumlah banyak.

"Ini tidak terlalu sulit sebenarnya, hanya butuh ketekunan dan butuh training lebih banyak. Dulu saya meminta diadakan lomba masak domba Batur, cari chef kelas dunia, yang Indonesia saja. Dan daging ini dimasak dengan berbagai rasa yang bagus nanti kita pilih dan kita sajikan," katanya.

Ganjar berharap, olahan domba Batur nantinya menjadi alternatif wisata di Dieng. Ganjar menyebut bukan hanya sate dan gulai saja yang tersedia, tetapi berkembang dalam bentuk masakan yang lain.

Baca juga : Sinergikan Sains dan Ilmu Titen, Ganjar Buat Jateng Makin Tangguh Bencana

"Dengan teknologi yang hebat ini harapan kita bisa sangat maju. Termasuk tadi dari Undip, mendampingi inseminiasi buatan. Lima bulan akan panen cempe (anak kambing)," kata Ganjar.

"Sekaligus kita minta dibantu apakah dari Undip, IPB, Unsoed, untuk membantu mengajari kelompok tani bagaimana mengelola bisnisnya. Sehingga menjadi skala usaha yang menguntungkan," sambungnya.

Sebagai informasi, di tahun 2023 ada 33 kelompok peternak di Kabupaten Banjarnegara yang mendapat bantuan domba dari dana talangan APBD Pemprov Jateng.  Masing-masing kelompok menerima 27 ekor domba dan 6 kambing jawa randu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.